KONTRIBUSI PERUSAHAAN NESTLE INDONESIA DALAM MENDUKUNG UMKM MENGHADAPI PANDEMI COVID-19 DI INDONESIA (STUDI CSR NESTLE INDONESIA)

MUHAMMAD DAFA HANGGARIKSA (2023) KONTRIBUSI PERUSAHAAN NESTLE INDONESIA DALAM MENDUKUNG UMKM MENGHADAPI PANDEMI COVID-19 DI INDONESIA (STUDI CSR NESTLE INDONESIA). S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of Halaman Judul] Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf

Download (312kB)
[thumbnail of Lembar Pengesahan] Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only

Download (216kB)
[thumbnail of Abstrak] Text (Abstrak)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only

Download (13kB)
[thumbnail of Bab I] Text (Bab I)
Bab I.pdf

Download (89kB)
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (26kB)
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (6kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (81kB)
[thumbnail of Naskah Publikasi] Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (335kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (510kB)

Abstract

Nestle adalah salah satu perusahaan multinasional (MNC) di Indonesia. Nestle memiliki misi yang mulia yaitu ingin mewujudkan kehidupan manusia yang sejahtera dengan memusatkan perhatian untuk meningkatkan kesehatan, gizi, dan keafiatan manusia. Tujuan penulis melakukan penelitian adalah mengetahui kontribusi yang Nestle Indonesia berikan kepada UMKM dalam menghadapi dampak ekonomi di masa pandemi Covid-19. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dan kesimpulan dari data yang didapatkan bahwa Nestle adalah perusahaan multinasional yang berjalan di bidang makanan dan minuman terbesar yang selalu berupaya mengutamakan gizi sebagai inti usaha perusahaan, serta melakukan kerjasama dengan mitra-mitra usaha demi menaikkan hidup menjadi lebih berkualitas dan turut berperan menciptakan kehidupan yang lebih sehat. Sebagai salah perusahaan multinasional yang cukup besar Nestle berusaha menebarkan berbagai hal positif kepada mitra usaha dan kepada negara- negara yang menjadi bagian dalam perjalanan usaha dari Nestle seperti memberikan berbagai bantuan kepada negara tersebut serta memberikan bantuan dan penyuluhan-penyuluhan kepada masyarakat. Pemberian bantuan oleh Nestle adalah program Corporate Social Resposibility (CSR) kewajiban sebuah perusahaan sebagai tanggung jawab lingkungan sekitar dan upaya untuk menjaga hubungan baik dengan Stakeholder yang sesuai dengan Pasal 74 ayat (4) Undang-Undang Nomor 40 Tahun 2007.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Covid-19, CSR, MNC, NESTLE
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Politik > Hubungan Internasional S1
Depositing User: M. Erdiansyah
Date Deposited: 30 Sep 2023 06:58
Last Modified: 30 Sep 2023 06:58
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/39962

Actions (login required)

View Item
View Item