"DESA PRIMA" AS A STRATEGY OF SPECIAL REGION OF YOGYAKARTA IN IMPLEMENTING THE SUSTAINABLE DEVELOPMENT GOALS NUMBER 1 & 5

ANANDA EVODIA PUTERI (2023) "DESA PRIMA" AS A STRATEGY OF SPECIAL REGION OF YOGYAKARTA IN IMPLEMENTING THE SUSTAINABLE DEVELOPMENT GOALS NUMBER 1 & 5. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of Halaman Judul] Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf

Download (517kB)
[thumbnail of Lembar Pengesahan] Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only

Download (387kB)
[thumbnail of Abstrak] Text (Abstrak)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only

Download (10kB)
[thumbnail of Bab I] Text (Bab I)
Bab I.pdf

Download (406kB)
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (488kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (384kB)
[thumbnail of Naskah Publikasi] Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (878kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

"Desa Prima" adalah model yang melibatkan semua masyarakat yang berpartisipasi dalam membangun desa untuk meningkatkan kualitas hidup perempuan sekaligus mengentaskan kemiskinan pedesaan. Tulisan ini bertujuan untuk membuktikan terwujudnya Tujuan Pembangunan Berkelanjutan nomor 1 dan 5 sebagai salah satu strategi pemerintah Daerah Istimewa Yogyakarta dalam mengentaskan kemiskinan dan pemerataan kesetaraan gender di Kota Yogyakarta. Jenis penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui sumber dari buku, jurnal, artikel, dan wawancara langsung di lapangan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Desa Prima memang diciptakan untuk membantu perempuan "miskin" di Yogyakarta dan meningkatkan partisipasi perempuan di suatu daerah melalui beberapa bantuan khusus dari pemerintah yang bertujuan untuk meningkatkan produktivitas ekonomi untuk menciptakan kehidupan masyarakat yang lebih baik. Ini adalah bagian utama dari strategi pembangunan untuk memberdayakan masyarakat untuk menyamakan gender serta mengangkat diri mereka keluar dari kemiskinan dan meningkatkan standar hidup masyarakat. Penelitian ini membuat masyarakat, khususnya perempuan di Yogyakarta, semakin banyak kesempatan untuk mengembangkan kemampuannya dan dapat memajukan sektor perekonomian Daerah Istimewa Yogyakarta. Penelitian ini bertujuan untuk menunjukkan bahwa perempuan memiliki lebih banyak kesempatan untuk mengembangkan kemampuannya yang dapat memajukan sektor ekonomi dan dapat terus berperan dalam penanggulangan kemiskinan melalui upaya ekonomi dengan mengidentifikasi dan memanfaatkan seluruh potensi, baik Sumber Daya Alam maupun Sumber Daya Manusia.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Prima Village, Woman, Gender Equality, Poverty
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Politik > Hubungan Internasional S1
Depositing User: M. Erdiansyah
Date Deposited: 01 Nov 2023 09:39
Last Modified: 01 Nov 2023 09:39
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/39977

Actions (login required)

View Item
View Item