YUSHITO ESWANDA (2023) PERSONAL BRANDING AS AN CULINARY INFLUENCER ON @ARTHALIAMELATI_ TIKTOK ACCOUNT. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
Halaman Judul.pdf
Download (539kB)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only
Download (302kB)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only
Download (12kB)
Bab I.pdf
Download (113kB)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (113kB)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (113kB)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only
Download (149kB)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only
Download (1MB)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
Abstract
TikTok adalah platform bagi banyak pengguna untuk berinteraksi dan berpartisipasi dalam komunitas virtual. Sebagai media sosial, TikTok juga telah membawa munculnya influencer media sosial. Rr. Arthalia Melati Soedarmo adalah salah satu pengguna TikTok dan merupakan seorang influencer di bidang kuliner, menggunakan media tersebut untuk memanfaatkan personal branding-nya. Penelitian ini bertujuan untuk menemukan peran personal branding yang digunakan oleh @arthalialiamelati_ sebagai influencer kuliner di TikTok. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Teknik analisis data terdiri dari pengumpulan data, reduksi data, presentasi data, dan penarikan kesimpulan. Metode triangulasi data diterapkan dalam penelitian ini untuk memvalidasi data dengan tujuan pemeriksaan dan perbandingan. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa Arthalia mendapatkan banyak umpan balik positif melalui personal branding-nya. Selanjutnya, ditemukan bahwa Arthalia mampu mempertahankan dan mengendalikan personal branding-nya dengan strategi dalam kontennya, yaitu dengan menggabungkan elemen non-kuliner dan cerita pada saat itu dengan kebiasaan kuliner dan ia berhasil secara efektif membangun personal branding-nya ketika teori law of personal branding digunakan sebagai indikator dalam penelitian ini.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Personal Branding, Culinary Influencer, TikTok |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Politik > Ilmu Komunikasi S1 |
Depositing User: | M. Erdiansyah |
Date Deposited: | 26 Sep 2023 02:35 |
Last Modified: | 26 Sep 2023 02:35 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/40007 |