PERSONAL BRANDING AS AN CULINARY INFLUENCER ON @ARTHALIAMELATI_ TIKTOK ACCOUNT

YUSHITO ESWANDA (2023) PERSONAL BRANDING AS AN CULINARY INFLUENCER ON @ARTHALIAMELATI_ TIKTOK ACCOUNT. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of Halaman Judul] Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf

Download (539kB)
[thumbnail of Lembar Pengesahan] Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only

Download (302kB)
[thumbnail of Abstrak] Text (Abstrak)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only

Download (12kB)
[thumbnail of Bab I] Text (Bab I)
Bab I.pdf

Download (113kB)
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (113kB)
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (113kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (149kB)
[thumbnail of Naskah Publikasi] Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

TikTok adalah platform bagi banyak pengguna untuk berinteraksi dan berpartisipasi dalam komunitas virtual. Sebagai media sosial, TikTok juga telah membawa munculnya influencer media sosial. Rr. Arthalia Melati Soedarmo adalah salah satu pengguna TikTok dan merupakan seorang influencer di bidang kuliner, menggunakan media tersebut untuk memanfaatkan personal branding-nya. Penelitian ini bertujuan untuk menemukan peran personal branding yang digunakan oleh @arthalialiamelati_ sebagai influencer kuliner di TikTok. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Teknik analisis data terdiri dari pengumpulan data, reduksi data, presentasi data, dan penarikan kesimpulan. Metode triangulasi data diterapkan dalam penelitian ini untuk memvalidasi data dengan tujuan pemeriksaan dan perbandingan. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa Arthalia mendapatkan banyak umpan balik positif melalui personal branding-nya. Selanjutnya, ditemukan bahwa Arthalia mampu mempertahankan dan mengendalikan personal branding-nya dengan strategi dalam kontennya, yaitu dengan menggabungkan elemen non-kuliner dan cerita pada saat itu dengan kebiasaan kuliner dan ia berhasil secara efektif membangun personal branding-nya ketika teori law of personal branding digunakan sebagai indikator dalam penelitian ini.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Personal Branding, Culinary Influencer, TikTok
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Politik > Ilmu Komunikasi S1
Depositing User: M. Erdiansyah
Date Deposited: 26 Sep 2023 02:35
Last Modified: 26 Sep 2023 02:35
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/40007

Actions (login required)

View Item
View Item