HELMA SOFNIA ADIANI (2023) IMPLEMENTASI IBADAH SALAT WAJIB MELALUI METODE PEMBIASAAN DI SMP AL IMAN PARAKAN. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
Halaman Judul.pdf
Download (649kB)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only
Download (358kB)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only
Download (186kB)
Bab I.pdf
Restricted to Registered users only
Download (456kB)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (628kB)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (628kB)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (410kB)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only
Download (289kB)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only
Download (404kB)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only
Download (2MB)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only
Download (530kB)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (3MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan (1) Untuk mengetahui implementasi ibadah salat wajib di SMP Al Iman Parakan dengan metode pembiasaan (2) Untuk mengetahui faktor pendukung serta penghambat dalam implementasi ibadah salat wajib melalui metode pembiasaan di SMP Al Iman Parakan.Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif, dengan jenis penelitian kualitatif deskriptif, dengan teknik pengumpulan data observasi, wawancara, dan dokumentasi. Dan dianalisis berdasarkan kemampuan nalar peneliti dalam menghubungkan fakta, data, dan informasi yang ada. Dengan subjek Kepala Sekolah, Guru Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam, dan Siswa. Sehingga peneliti mengetahui sejauh mana implementasi ibadah salat wajib melalui metode pembiasaan.Hasil penelitian menunjukkan bahwa SMP Al Iman telah mengimplementasikan ibadah salat wajib menggunakan metode pembiasaan dengan memenuhi keempat syarat pelaksanaan metode pembiasaan dan telah memenuhi tiga dari empat langkah langkah pelaksanaan metode pembiasaan. Faktor penghambat dalam implementasi metode pembiasaan ini adalah rasa malas, prasana yang kurang memadai, kurangnya kesadaran diri, pengaruh lingkungan pergaulan, dan kesulitan dalam mengontrol siswa. Kemudian, faktor pendukung implementasi metode ini adalah visi dan misi sekolah yang berlandasakan iman dan taqwa, terdapat presensi salat, adanya kerjasama antar guru, dan kurangnya kerja sama antar guru.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Mandatory prayers, habituation method |
Divisions: | Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam S1 |
Depositing User: | M. Erdiansyah |
Date Deposited: | 25 Sep 2023 09:20 |
Last Modified: | 25 Sep 2023 09:20 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/40055 |