Meirita Rahmi Azizi (2021) THE STUDY OF METACOGNITIVE AWARENESS, ACADEMIC ACHIEVEMENT, AND GENDER DIFFERENCE. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
Halaman Judul.pdf
Download (1MB)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only
Download (34MB)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only
Download (83kB)
Bab I.pdf
Download (139kB)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (224kB)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (400kB)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (224kB)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only
Download (120kB)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only
Download (137kB)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only
Download (93kB)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only
Download (586kB)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (2MB)
Abstract
<p>Kesadaran metakognitif, yang didefinisikan sebagai kesadaran seseorang tentang diri sendiri, telah dikolaborasikan dengan beberapa topik seperti prestasi akademik dan gender. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara kesadaran metakognitif dan prestasi akademik serta perbedaan kesadaran metakognitif mahasiswa ditinjau dari segi gender di Jurusan Pendidikan Bahasa Inggris salah satu perguruan tinggi swasta di Yogyakarta. Penelitian ini mengadopsi dua desain pendekatan kuantitatif, yaitu desain korelasional dan komparatif. Dengan menggunakan teknik total sampling untuk memilih responden, 198 mahasiswa tingkat akhir telah berpartisipasi dalam penelitian ini. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan kuisioner berjudul Metacognitive Awareness Inventory (MAI) dan dokumen Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) mahasiswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tidak ada hubungan yang signifikan antara kesadaran metakognitif dan prestasi belajar dengan sig. (2-tailed) 0,46> 0,05. Mengenai perbedaan gender, hasil penelitian menunjukkan bahwa tidak ada perbedaan tingkat kesadaran metakognitif antara mahasiswa laki-laki dan perempuan dengan sig. (2-tailed) 0,32> 0,05. Berdasarkan hasil tersebut, kesadaran metakognitif siswa tidak berkorelasi dengan prestasi akademiknya dan tidak ada perbedaan tingkat kesadaran metakognitif antar gender.</p>
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Divisions: | Fakultas Pendidikan Bahasa > Pendidikan Bahasa Inggris S1 |
Depositing User: | Unnamed user with email robi@umy.ac.id |
Date Deposited: | 17 Dec 2021 02:30 |
Last Modified: | 17 Dec 2021 02:30 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/4006 |