JUAN TAUFIK WIJAYA (2023) THE STUDENTS' PERCEPTION ON THE USE OF GRAMMARLY IN ACADEMIC WRITING AT ENGLISH LANGUAGE EDUCATION DEPARTMENT. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
Halaman Judul.pdf
Download (465kB)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only
Download (186kB)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only
Download (117kB)
Bab I.pdf
Download (156kB)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (172kB)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (143kB)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (152kB)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only
Download (119kB)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only
Download (143kB)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only
Download (221kB)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only
Download (643kB)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
Abstract
Grammarly adalah alat tulis digital yang memungkinkan untuk memeriksa tata bahasa, ejaan, tanda baca, dan gaya secara real time. Siswa memanfaatkan Grammarly untuk membantu mereka dalam meningkatkan tulisan mereka. Namun, tidak semua siswa mengetahui Grammarly secara detail, terutama dalam kelebihan dan masalah dalam menggunakan Grammarly. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keuntungan dan masalah dalam penggunaan Grammarly melalui persepsi dan pengalaman siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan desain penelitian deskriptif kualitatif. Penelitian ini melibatkan enam mahasiswa Jurusan Pendidikan Bahasa Inggris angkatan 2019 dan 2020 di Universitas Islam Swasta Yogyakarta sebagai partisipan. Untuk mengumpulkan data, peneliti mewawancarai enam partisipan dengan menggunakan pedoman wawancara. Temuan mengungkapkan keuntungan menggunakan Grammarly dalam penulisan akademik, yaitu pertama siswa dapat memeriksa tata bahasa mereka menggunakan fitur Grammar Checker. Kedua, siswa menganggap Grammarly membantu mereka meningkatkan keterampilan menulis mereka. Ketiga, siswa merasa mudah dalam menggunakan Grammarly. Keempat, mereka juga merasa bahwa Grammarly menguntungkan karena menyediakan pilihan dengan akurasi tinggi, dan kelima memungkinkan penyesuaian. Sementara itu, terkait dengan permasalahan tersebut, mahasiswa menilai bahwa fitur premium itu mahal harganya. Selain itu, para siswa merasa bahwa terkadang saran-saran itu ambigu.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Grammarly, academic Writing, advantages of Grammarly, problems of Grammarly, qualitative Descriptive |
Divisions: | Fakultas Pendidikan Bahasa > Pendidikan Bahasa Inggris S1 |
Depositing User: | M. Erdiansyah |
Date Deposited: | 01 Nov 2023 09:29 |
Last Modified: | 01 Nov 2023 09:29 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/40081 |