ANISSA ILSANTI (2023) THE EFFECTIVENESS OF THE READING SHORT STORY ON DEVELOPING SENIOR HIGH SCHOOL STUDENTS' VOCABULARY MASTERY. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
Halaman Judul.pdf
Download (619kB)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only
Download (272kB)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only
Download (288kB)
Bab I.pdf
Download (410kB)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (420kB)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (359kB)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (551kB)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only
Download (197kB)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only
Download (420kB)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only
Download (492kB)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only
Download (170kB)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
Abstract
Cerita pendek adalah karya sastra yang dapat digunakan sebagai media pengajaran bagi siswa untuk mempelajari kosakata dan merupakan teknik yang efisien bagi pelajar bahasa Inggris untuk mempelajari kosakata. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah penggunaan cerita pendek dalam pembelajaran bahasa Inggris dapat meningkatkan kosakata siswa. Penelitian ini melibatkan 33 siswa kelas XI IPS II SMA Negeri di Yogyakarta. Desain penelitian eksperimental ini menggunakan desain pretest-posttest satu kelompok; perlakuan dalam penelitian ini terdiri dari empat kali pertemuan di kelas. Data dikumpulkan melalui tes kosakata sebelum dan sesudah pemberian cerpen sebagai perlakuan dalam empat kali pertemuan. Hasil pretest dan posttest dianalisis menggunakan SPSS versi 25. Dalam penelitian ini, peneliti menemukan bahwa siswa memiliki tingkat kosakata yang sedang dalam bahasa Inggris sebelum menggunakan cerita pendek sebagai media pengajaran untuk meningkatkan kosakata siswa, dan hal ini didasarkan pada hasil nilai pre-test siswa, di mana nilai rata-rata pre-test siswa adalah 54,42. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa memiliki kosakata yang tinggi setelah cerita pendek diterapkan dalam perlakuan. Hal ini didasarkan pada skor rata-rata post-test eksperimen siswa sebesar 85,39. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai t hitung lebih tinggi dari t tabel, dimana nilai t hitung sebesar 39.689 sedangkan nilai t tabel sebesar 2.042. Hal ini menunjukkan bahwa hipotesis alternatif (H1) diterima, yaitu cerita pendek dapat mengembangkan penguasaan kosakata siswa.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Vocabulary Improvement, Short Story, EFL, Story Reading |
Divisions: | Fakultas Pendidikan Bahasa > Pendidikan Bahasa Inggris S1 |
Depositing User: | M. Erdiansyah |
Date Deposited: | 25 Sep 2023 09:03 |
Last Modified: | 25 Sep 2023 09:03 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/40093 |