ANALISIS DAN PERANCANGAN APLIKASI KESEHATAN "TEMAN SEHAT" MENGGUNAKAN METODE DESIGN THINKING

AHMAD ZAR RINALDI (2023) ANALISIS DAN PERANCANGAN APLIKASI KESEHATAN "TEMAN SEHAT" MENGGUNAKAN METODE DESIGN THINKING. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of Halaman Judul] Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf

Download (370kB)
[thumbnail of Lembar Pengesahan] Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only

Download (7MB)
[thumbnail of Abstrak] Text (Abstrak)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only

Download (103kB)
[thumbnail of Bab I] Text (Bab I)
Bab I.pdf

Download (214kB)
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (168kB)
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (24MB)
[thumbnail of Bab V] Text (Bab V)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (121kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (100kB)
[thumbnail of Naskah Publikasi] Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (15MB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (33MB)

Abstract

Pada masa pandemi COVID-19 tahun 2020, sistem kesehatan di dunia menghadapi tantangan besar dalam meningkatkan pelayanan kesehatan kepada pasien yang terkena virus tersebut. Tantangan ini diperparah oleh rasa takut dan stigma masyarakat, serta pembatasan pergerakan yang menghambat pemberian pelayanan kesehatan. Untuk mencegah penularan virus kepada dokter, perawat, tenaga kesehatan, dan pasien di rumah sakit, Kementerian Kesehatan Republik Indonesia menghimbau pengembangan aplikasi pelayanan kesehatan jarak jauh (telemedicine). Beberapa aplikasi seperti Halodoc, Alodokter, dan K24klik telah muncul untuk membantu menyelesaikan masalah kesehatan dengan memberikan akses artikel kesehatan dan pembelian obat secara online. Namun, banyaknya aplikasi yang ada memiliki kekurangan karena solusi yang ditawarkan masih terpisah dan belum terintegrasi.Penilitian ini dilakukan untuk menghasilkan rancangan aplikasi yang mengintegrasikan fitur kesehatan yang ada menjadi satu kesatuan, sehingga harapannya akan mempermudah pengguna dalam melakukan pengecekan kesehatan, membaca artikel kesehatan, dan membeli obat secara online. Penilitian ini dilakukan dalam beberapa tahapan menggunakan pendekatan design thinking yang berfokus dengan berempati kepada pengguna. Penulis menerapkan lima tahap dalam proses desain berbasis empati (emphatize, define, ideate, prototype, dan test).Design thinking yang penulis lakukan tidaklah linear dan berurutan. Penulis melakukan tahap emphatize untuk mengumpulkan data mentah dan membuat user persona. Tahap define digunakan untuk mengelompokkan data dan memperoleh pemahaman kebutuhan pengguna. Tahap ideate melibatkan pembuatan ide-ide solusi dengan memilih yang paling efektif melalui impact effort matrix. Tahap emphatize 2 melibatkan benchmarking aplikasi kesehatan yang sudah ada. Tahap ideate 2 melibatkan perancangan alur pengguna (user flow). Tahap prototype mencakup pembuatan desain dan prototipe. Terakhir, tahap test melibatkan pengujian usability untuk memvalidasi solusi dan mendapatkan umpan balik pengguna.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: COVID-19, telemedicine, health feature integration, health check-up, health articles, online medicine purchase, design thinking, empathize, define, ideate, prototype, usability, usability testing
Divisions: Fakultas Teknik > Teknologi Informasi S1
Depositing User: M. Erdiansyah
Date Deposited: 23 Sep 2023 06:46
Last Modified: 23 Sep 2023 06:46
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/40107

Actions (login required)

View Item
View Item