AZIS BANU RUSYDI (2023) PENGARUH PENGALAMAN BELAJAR MENGGUNAKAN MEDIA MSS TERHADAP KEJENUHAN BELAJAR MATA PELAJARAN TARIKH KELAS XI DI SMA MUHAMMADIYAH 3 YOGYAKARTA. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
Halaman Judul.pdf
Download (856kB)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only
Download (1MB)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only
Download (283kB)
Bab I.pdf
Download (307kB)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (403kB)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (544kB)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (1MB)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only
Download (308kB)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only
Download (501kB)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only
Download (3MB)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only
Download (268kB)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (5MB)
Abstract
Media pembelajaran merupakan suatu sarana yang digunakan sebagai alat komunikasi pada proses pembelajaran yang digunakan oleh pendidik dan peserta didik. Media pembelajaran yang berbentuk elaktronik disebut media e-learning. Media ini digunakan paada saat pembelajaran online. Di masa pandemi media ini sangat penting untuk melaksanakan proses pembelajaran, khusunsya pada mata pelajaran tarikh. Media pembelajaran yang menarik dan bervariasi dapat mengatasi kejenuhan belajar peserta didik.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengalaman belajar menggunakan media MSS, kejenuhan belajar mata pelajaran tarikh, dan pengaruh pengalaman belajar menggunakan media MSS terhadap kejenuhan mata pelajaran tarikh kelas XI di SMA Muhammadiyah 3 Yogyakarta pada masa pandemi.Jenis penelitian ini kuantitatif dengan penelitian lapangan dengan menggunakan uji regresi linier. Teknik sampel menggunakan probability sampling dengan metode simple random sampling kepada 64 responden di SMA Muhammadiyah3 Yogyakarta pada kelas XI. Instrumen penelitian meggunakan kuesioner dan menggunakan analisis statistik deskriptif.Hasil penelitian ini menunjukkan pengalaman belajar menggunakan media MSS dalam kategori tinggi (34%) dan kejenuhan belajar mata pelajaran tarikh dalam kategori sedang (44%). Berdasarkan hal ini terdapat pengaruh yang sangat signifikan antara pengalaman belajar menggunakan media MSS dan kejenuhan mata pelajaran tarikh kelas XI SMA Muhammadiyah 3 Yogyakarta dengan nilai sig 0,000. Jika pengalaman belajar menggunakan media baik maka kejenuhan belajar rendah, sebaliknya jika pengalaman belajar menggunakan media belum baik maka kejenuhan belajar dalam kategori tinggi.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Saturation of learning, Media, Tarikh subjects |
Divisions: | Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam S1 |
Depositing User: | M. Erdiansyah |
Date Deposited: | 22 Sep 2023 08:13 |
Last Modified: | 22 Sep 2023 08:13 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/40110 |