PENGARUH PENGALAMAN BELAJAR MENGGUNAKAN MEDIA MSS TERHADAP KEJENUHAN BELAJAR MATA PELAJARAN TARIKH KELAS XI DI SMA MUHAMMADIYAH 3 YOGYAKARTA

AZIS BANU RUSYDI (2023) PENGARUH PENGALAMAN BELAJAR MENGGUNAKAN MEDIA MSS TERHADAP KEJENUHAN BELAJAR MATA PELAJARAN TARIKH KELAS XI DI SMA MUHAMMADIYAH 3 YOGYAKARTA. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of Halaman Judul] Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf

Download (856kB)
[thumbnail of Lembar Pengesahan] Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[thumbnail of Abstrak] Text (Abstrak)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only

Download (283kB)
[thumbnail of Bab I] Text (Bab I)
Bab I.pdf

Download (307kB)
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (403kB)
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (544kB)
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[thumbnail of Bab V] Text (Bab V)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (308kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (501kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)
[thumbnail of Naskah Publikasi] Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (268kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Media pembelajaran merupakan suatu sarana yang digunakan sebagai alat komunikasi pada proses pembelajaran yang digunakan oleh pendidik dan  peserta didik. Media pembelajaran yang berbentuk elaktronik disebut media e-learning. Media ini digunakan paada saat pembelajaran online. Di masa pandemi media ini sangat penting untuk melaksanakan proses pembelajaran, khusunsya pada mata pelajaran tarikh. Media pembelajaran yang menarik dan bervariasi dapat mengatasi kejenuhan belajar peserta didik.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengalaman belajar menggunakan media MSS, kejenuhan belajar mata pelajaran tarikh, dan  pengaruh pengalaman belajar menggunakan media MSS  terhadap kejenuhan mata pelajaran tarikh kelas XI di SMA Muhammadiyah 3 Yogyakarta pada masa pandemi.Jenis penelitian ini kuantitatif dengan penelitian lapangan dengan menggunakan uji regresi linier. Teknik sampel menggunakan probability sampling dengan metode  simple random sampling kepada 64 responden di SMA Muhammadiyah3 Yogyakarta pada kelas XI. Instrumen penelitian meggunakan kuesioner dan menggunakan analisis statistik deskriptif.Hasil penelitian ini menunjukkan pengalaman belajar menggunakan media MSS dalam kategori tinggi (34%) dan kejenuhan belajar mata pelajaran tarikh dalam kategori sedang (44%). Berdasarkan hal ini terdapat pengaruh yang sangat signifikan antara pengalaman belajar menggunakan media MSS dan kejenuhan mata pelajaran tarikh kelas XI SMA Muhammadiyah 3 Yogyakarta dengan nilai sig 0,000. Jika pengalaman belajar menggunakan media baik maka kejenuhan belajar rendah, sebaliknya jika pengalaman belajar menggunakan media belum baik maka kejenuhan belajar dalam kategori tinggi.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Saturation of learning, Media, Tarikh subjects
Divisions: Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam S1
Depositing User: M. Erdiansyah
Date Deposited: 22 Sep 2023 08:13
Last Modified: 22 Sep 2023 08:13
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/40110

Actions (login required)

View Item
View Item