ALYA PARAMISWARA TUNGGA DEWI (2023) PERLINDUNGAN KONSUMEN DALAM SENGKETA KASUS BANGUNAN PERUMAHAN YANG TIDAK SESUAI DENGAN KESEPAKTAN (STUDI KASUS PERUMAHAN TAMAN EIDELWEIS KLATEN). S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
Halaman Judul.pdf
Download (3MB)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only
Download (427kB)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only
Download (48kB)
Bab I.pdf
Download (422kB)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (489kB)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (375kB)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (445kB)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only
Download (274kB)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only
Download (352kB)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only
Download (859kB)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only
Download (533kB)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (5MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tentang pertanggung jawaban developer atas bangunan perumahan yang tidak sesuai dengan kesepakatan serta mengetahui upaya hukum yang terdapat dalam perjanjian pada Perumahan Taman Eidelweis Klaten. Hal ini menjadi menarik untuk dikaji dikarenakan terdapat suatu permasalahan yang berkaitan dengan bangunan perumahan yang tidak sesuai dengan kesepakatan, yang dilakukan oleh pihak developer dan konsumen perumahan tidak mengetahui apabila keluhan yang mereka rasakan dapat memiliki suatu akibat hukum. Metode penelitian dalam penelitian ini adalah menggunakan Random Purposive Sampling. Jenis penelitian ini yaitu empiris yakni melakukan penelitian langsung di lapangan. Narasumber dalam penelitian ini melibatkan Majelis BPSK Kota Yogyakarta, Kesekretariatan BPSK Kota Yogyakarta. Responden dalam penelitian ini melibatkan warga Perumahan Taman Eidelweis Klaten dan Staff Marketing Developer AJP. Hasil dari penelitian ini adalah pertanggung jawaban developer atas bangunan perumahan yang tidak sesuai dengan kontrak, yakni developer harus bertanggung jawab memberi kompensasi, ganti rugi dan/atau penggantian atas kerugian akibat penggunaan, pemakaian dan pemanfaatan barang dan/atau jasa yang diperdagangkan dan memberi kompensasi, ganti rugi dan/atau penggantian apabila barang dan/atau jasa yang diterima atau dimanfaatkan tidak sesuai dengan perjanjian. Upaya hukum konsumen yang dirugikan yakni dapat melaporkan kepada pihak BPSK yang terdapat pada tiap-tiap daerah yang ada di Indonesia.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Liability, Legal Remedy, Developer, Consumer |
Divisions: | Fakultas Hukum > Hukum S1 |
Depositing User: | M. Erdiansyah |
Date Deposited: | 22 Sep 2023 08:13 |
Last Modified: | 22 Sep 2023 08:13 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/40119 |