KHOLIDA SALSABILA (2023) ANALISIS PEMIKIRAN HAEDAR NASHIR TENTANG MODERASI BERAGAMA: STUDI TENTANG PENDEKATAN TEOLOGIS-FILOSOFIS. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
Halaman Judul.pdf
Download (342kB)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only
Download (310kB)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only
Download (85kB)
Bab I.pdf
Download (165kB)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (221kB)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (157kB)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (263kB)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only
Download (70kB)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only
Download (114kB)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only
Download (107kB)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only
Download (251kB)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (844kB)
Abstract
Moderasi beragama merupakan salah satu konsep pembangunan karakter bangsa yang bermartabat. Term moderasi beragama kembali digaungkan setelah merebaknya penyelewengan term radikalisme-ektremisme. Di sisi lain, pengembangan konsep dan implementasi moderasi beragama disebabkan adanya angka penurunan tingkat persatuan antarumat beragama di Indonesia. Salah satu tokoh intelektual muslim Indonesia yang mengkampanyekan moderasi secara gamblang adalah Haedar Nashir. Dengan demikian diperlukan penelitian yang menganalisis pandangan moderasi Haedar Nashir secara utuh. Adapun penelitian yang dilakukan bertujuan untuk; 1) Mengetahui analisis pendekatan teologis-filosofis dalam pemikiran Haedar Nashir tentang moderasi beragama; 2) Mengetahui model implementasi pemikiran Haedar Nashir tentang moderasi beragama pada lembaga pendidikan formal. Proses penelitian menggunakan pendekatan studi tokoh, yang mana teknik analisis data dilakukan dengan tiga metode, yaitu, reduksi data, display data, dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil analisis data, ditemukan bahwa pandangan moderasi Haedar Nashir merupakan bentuk aktualisasi Qs. al Baqarah/2 : 143 pada kata Ummatan Wasa?an. Pandangan moderasi Haedar Nashir dinyatakan sebagai pandangan mentah yang perlu dikembangkan kembali berdasarkan pendekatan teologis-filosofis. Adapun implementasi moderasi beragama dalam lembaga pendidikan formal dapat dilakukan melalui tiga pintu, yaitu kebijakan sekolah, peran pendidik, dan kegiatan ekstrakurikuler.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Religious Moderation, Haedar Nashir, Theological-Philosophical, Formal Education Institutions |
Divisions: | Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam S1 |
Depositing User: | M. Erdiansyah |
Date Deposited: | 22 Sep 2023 07:36 |
Last Modified: | 22 Sep 2023 07:36 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/40129 |