HUBUNGAN ANTARA PERSEPSI REMAJA TERHADAP HARAPAN ORANG TUA DENGAN PENGAMBILAN KEPUTUSAN MENGENAI KARIER MASA DEPAN BAGI MAHASISWA FAI UMY

ARIN ANDARISTY CAHYANI (2023) HUBUNGAN ANTARA PERSEPSI REMAJA TERHADAP HARAPAN ORANG TUA DENGAN PENGAMBILAN KEPUTUSAN MENGENAI KARIER MASA DEPAN BAGI MAHASISWA FAI UMY. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of Halaman Judul] Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf

Download (369kB)
[thumbnail of Lembar Pengesahan] Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only

Download (67kB)
[thumbnail of Abstrak] Text (Abstrak)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only

Download (114kB)
[thumbnail of Bab I] Text (Bab I)
Bab I.pdf

Download (100kB)
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (184kB)
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (132kB)
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (268kB)
[thumbnail of Bab V] Text (Bab V)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (114kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (147kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (673kB)
[thumbnail of Naskah Publikasi] Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (355kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Pengambilan keputusan bagi mahasiswa mengenai eksplorasi karier akan selalu dipengaruhi oleh para orang tua. Para orang tua akan menaruh harapan besar bagi anak mengenai karier, sehingga harapan orang tua tersebut memiliki keterkaitan dengan hal mengambil keputusan mengenai karier remaja yang akan dipilih tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis hubungan antara persepsi mahasiswa terhadap harapan orang tua dengan pengambilan keputusan mengenai karier masa depan bagi mahasiswa FAI UMY angkatan 2020. Partisipan penelitian ini adalah mahasiswa FAI UMY angkatan 2020. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Populasi pada penelitian ini berjumlah 385 dengan sampel berjumlah 96. Dengan perhitungan sampel yakni, dari populasi yang berjumlah 385:100 = 3,85, kemudian 3,85×25 = 96,25, dengan pembulatan terdekat 96 maka diperoleh sampel penelitian ini berjumlah 96. Teknik pengumpulan data menggunakan angket sebagai data primer dan dokumentasi sebagai data sekunder. Sampel diambil dengan teknik sampling nonprobability sampling dengan jenis sampling purposive sampling. Data dianalisis menggunakan metode statistik deskriptif dan korelasi bivariat. Hasil dari penelitian ini adalah mahasiswa Fakultas Agama Islam angkatan 2020 pada variabel persepsi mahasiswa terhadap harapan orang tua mendapatkan nilai rata-rata 90,14 dengan pembulatan terdekat yaitu 90 yang mana masuk ke dalam kategori tinggi. Pada variabel pengambilan keputusan karier mahasiswa Fakultas Agama Islam angkatan 2020 mendapatkan nilai rata-rata 74,77 dengan pembulatan terdekat yaitu 75 yang mana masuk ke dalam kategori tinggi. Hasil korelasi bivariat tabel correlations diketahui nilai sig. 2-tailed variabel persepsi mahasiswa terhadap harapan orang tua dan pengambilan keputusan karier sebesar 0,000 atau 0.000 ? 0,05 dengan begitu terdapat hubungan yang signifikan antara variabel persepsi mahasiswa terhadap harapan orang tua dan variabel pengambilan keputusan karier. Ha diterima, H0 ditolak. Selanjutnya, output dari koefisien korelasi sebesar 0,373 atau diantara 0,21 sampai 0,40 yang mana berarti korelasi antara persepsi mahasiswa terhadap harapan orang tua dan pengambilan keputusan karier rendah.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Teenagers’ perceptions, Parents’ expectations, Carrier decision making
Divisions: Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam S1
Depositing User: M. Erdiansyah
Date Deposited: 22 Sep 2023 07:36
Last Modified: 22 Sep 2023 07:36
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/40131

Actions (login required)

View Item
View Item