DISIPLIN POSITIF UNTUK MEMBENTUK PERILAKU BELAJAR PADA SISWA GAMER

KURNIA NURVINA LAILA ALIFAH (2023) DISIPLIN POSITIF UNTUK MEMBENTUK PERILAKU BELAJAR PADA SISWA GAMER. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of Halaman Judul] Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf

Download (396kB)
[thumbnail of Lembar Pengesahan] Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only

Download (135kB)
[thumbnail of Abstrak] Text (Abstrak)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only

Download (83kB)
[thumbnail of Bab I] Text (Bab I)
Bab I.pdf

Download (96kB)
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (60kB)
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (47kB)
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (189kB)
[thumbnail of Bab V] Text (Bab V)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (32kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (136kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[thumbnail of Naskah Publikasi] Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (210kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Perilaku belajar merupakan aktivitas berulang kali yang dilakukan oleh peserta didik atau siswa hingga menjadi suatu kebiasaan yang dilakukan secara teratur. Dalam dunia Pendidikan keberhasilan belajar ditentukan dengan kebiasaan perilaku belajar siswa. Perilaku belajar sudah seharusnya dimiliki oleh siswa karena kewajiban seorang siswa adalah belajar. Akan tetapi banyak siswa yang melupakan kewajiban belajar hanya untuk bermain game online. Game online dapat menyebabkan distorsi waktu, bermain game online mengakibatkan dampak negatif terutama secara akademik, sosial dan psikologis. Fenomena ini terjadi di semua wilayah termasuk di Desa Baros Lor yang mana beberapa siswa mengalami tersebut. Melihat permasalahan yang terjadi diperlukan penelitian yang berjudul Disiplin Positif Untuk Membentuk Perilaku Belajar Pada Siswa Gamer. Penelitian ini bertujuan mengetahui keefektifan perlakuan dari disiplin positif selama diberikan perlakuan metode disiplin positif dan peningkatan perilaku belajar sebelum diberikan perlakauan metode disiplin positif. Metode disiplin positif adalah bimbingan belajar disetiap pertemuan penelitian. Teknik pengumpulan data penelitian ini menggunakan teknik pengamatan atau observasi pencatatan behaviour checklist untuk mengetahui karakateristik yang sesuai untuk penelitian. Metode yang digunakan adalah kuantitatif dengan pendekatan eksperimen atau kuasi eksperimen. Sampel dari penelitian ini sebanyak 2 orang siswa yang menunjukkan senang bermain game online. Hasil penelitian ini meningkatkan konsentrasi siswa di setiap pertemuan dan meningkatkan perilaku belajar siswa. Implikasi penelitian ini dapat menjadi acuan bagi peneliti selanjutnya, guru, dan orang tua untuk melakukan bimbingan belajar terhadap siswa yang senang bermain game online.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Positive Discipline, Learning Behavior, Students
Divisions: Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam S1
Depositing User: M. Erdiansyah
Date Deposited: 25 Sep 2023 07:06
Last Modified: 25 Sep 2023 07:06
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/40170

Actions (login required)

View Item
View Item