KURNIA NURVINA LAILA ALIFAH (2023) DISIPLIN POSITIF UNTUK MEMBENTUK PERILAKU BELAJAR PADA SISWA GAMER. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
Halaman Judul.pdf
Download (396kB)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only
Download (135kB)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only
Download (83kB)
Bab I.pdf
Download (96kB)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (60kB)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (47kB)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (189kB)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only
Download (32kB)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only
Download (136kB)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only
Download (1MB)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only
Download (210kB)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
Abstract
Perilaku belajar merupakan aktivitas berulang kali yang dilakukan oleh peserta didik atau siswa hingga menjadi suatu kebiasaan yang dilakukan secara teratur. Dalam dunia Pendidikan keberhasilan belajar ditentukan dengan kebiasaan perilaku belajar siswa. Perilaku belajar sudah seharusnya dimiliki oleh siswa karena kewajiban seorang siswa adalah belajar. Akan tetapi banyak siswa yang melupakan kewajiban belajar hanya untuk bermain game online. Game online dapat menyebabkan distorsi waktu, bermain game online mengakibatkan dampak negatif terutama secara akademik, sosial dan psikologis. Fenomena ini terjadi di semua wilayah termasuk di Desa Baros Lor yang mana beberapa siswa mengalami tersebut. Melihat permasalahan yang terjadi diperlukan penelitian yang berjudul Disiplin Positif Untuk Membentuk Perilaku Belajar Pada Siswa Gamer. Penelitian ini bertujuan mengetahui keefektifan perlakuan dari disiplin positif selama diberikan perlakuan metode disiplin positif dan peningkatan perilaku belajar sebelum diberikan perlakauan metode disiplin positif. Metode disiplin positif adalah bimbingan belajar disetiap pertemuan penelitian. Teknik pengumpulan data penelitian ini menggunakan teknik pengamatan atau observasi pencatatan behaviour checklist untuk mengetahui karakateristik yang sesuai untuk penelitian. Metode yang digunakan adalah kuantitatif dengan pendekatan eksperimen atau kuasi eksperimen. Sampel dari penelitian ini sebanyak 2 orang siswa yang menunjukkan senang bermain game online. Hasil penelitian ini meningkatkan konsentrasi siswa di setiap pertemuan dan meningkatkan perilaku belajar siswa. Implikasi penelitian ini dapat menjadi acuan bagi peneliti selanjutnya, guru, dan orang tua untuk melakukan bimbingan belajar terhadap siswa yang senang bermain game online.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Positive Discipline, Learning Behavior, Students |
Divisions: | Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam S1 |
Depositing User: | M. Erdiansyah |
Date Deposited: | 25 Sep 2023 07:06 |
Last Modified: | 25 Sep 2023 07:06 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/40170 |