PENGUATAN RELIGIUSITAS ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS (TUNAGRAHITA) DI SEKOLAH UMUM FORMAL

MUNIRUL AMIN (2023) PENGUATAN RELIGIUSITAS ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS (TUNAGRAHITA) DI SEKOLAH UMUM FORMAL. S2 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of Halaman Judul] Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf

Download (171kB)
[thumbnail of Lembar Pengesahan] Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only

Download (839kB)
[thumbnail of Abstrak] Text (Abstrak)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only

Download (43kB)
[thumbnail of Bab I] Text (Bab I)
Bab I.pdf

Download (345kB)
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (260kB)
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (105kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (124kB)
[thumbnail of Naskah Publikasi] Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (345kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (260kB)

Abstract

Pengejawantahan asas pembelajaran berdiferensiasi yaitu setiap siswa dapat merasakan pengalaman belajar yang sesuai dan bermakna, sehingga siswa dapat optimal dalam capaian potensi dirinya. Karenanya dilakukan penelitian ini yang bertujuan untuk mendeskripsikan penguatan karakter religius pada siswa tunagrahita di SD Muhammadiyah Sapen Kraton . Metode yang pakai dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan studi kasus sebagai pendekatannya. Dalam penelitian ini, metode observasi, wawancara, dan dokumentasi pada subjek maupun orang terdekat subjek digunakan sebagai teknik mengumpulkan data. Subyek dalam penelitian ini adalah satu siswa Sekolah Dasar Muhammadiyah Sapen cabang Kraton yang berusia 12 tahun dan terdeteksi mengidap Intelegensi retardasi mental ringan, dengan kemampuan pemahaman yang lambat (slowlearner) berdasarkan hasil tes psikologi. Hasil penelitian menunjukkan perkembangan religiusitas yang terjadi pada subyek memiliki kekhasan tertentu berdasarkan karakteristik kebutuhan khususnya. Optimalisasi perkembangan religiusitas siswa berkebutuhan khusus dalam pengaplikasiannya butuh proses yang panjang, perlahan, dan terus berulang dengan berbasiskan pembiasaan serta ketauladanan dari orang terdekat subyek, ataupun guru, dan orang tua. Dengan hal inilai siswa berkebutuhan khusus cenderung mengadopsi dan menginternalisasikan nilai-nilai yang dicontohkan yang muaranya akan membentuk karakter religi yang kuat.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: Strengthening, Religiosity, Children with Special Needs
Divisions: Fakultas Pasca Sarjana > Ilmu Agama Islam S2
Depositing User: M. Erdiansyah
Date Deposited: 21 Sep 2023 08:04
Last Modified: 21 Sep 2023 08:04
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/40178

Actions (login required)

View Item
View Item