THE LEADERSHIP VALUES ON SOROGAN METHOD AS THE PLATFORM SALAF ISLAMIC BOARDING SCHOOL (CASE STUDY IN ROUDLOTUL FATIHAH)

WAHID FATHONI (2023) THE LEADERSHIP VALUES ON SOROGAN METHOD AS THE PLATFORM SALAF ISLAMIC BOARDING SCHOOL (CASE STUDY IN ROUDLOTUL FATIHAH). S2 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of Halaman Judul] Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf

Download (291kB)
[thumbnail of Lembar Pengesahan] Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only

Download (127kB)
[thumbnail of Abstrak] Text (Abstrak)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only

Download (198kB)
[thumbnail of Bab I] Text (Bab I)
Bab I.pdf

Download (25kB)
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (25kB)
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (25kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (422kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (154kB)
[thumbnail of Naskah Publikasi] Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (509kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (509kB)

Abstract

Pembelajaran di pesantren yang berlangsung dua puluh empat (24) jam mengindikasikan bahwa setiap kegitan merupakan pendidikan bagi santri. Berbagai karakter seperti religiusitas, entrepreneurship dan leadership dapat terbentuk melalui kegiatan-kegiatan yang ada terutama sorogan. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan penerapan hidden curriculum pesantren dalam penanaman nilai-nilai kepemimpinan di Pondok Pesantren Tradisional Roudlotul Fatihah melalui kegiatan pembelajaran berupa sorogan. Hal ini karena penelitian tentang kepemimpinan melalui hidden curriculum yang masih jarang diungkap, berbeda dengan penelitian tentang religiusitas dan entrepreneurship di lingkungan pesantren. Selain itu dengan adanya penelitian ini dapat menjadi sumbangsih pemikiran terhadap fenomena krisis kepemimpinan saat ini. Penulis menentukan metode kualitatif dalam melakukan olah data dari penelitaian lapangan dengan menggunakan pendekatan fenomenologi. Proses penganbilan kesimpulan melalui langkah sebelumnya yaitu kondensasi data dan penyajian data. Penerapan hidden curriculum di Pondok Pesantren Tradisional Raoudlotul Fatihah pada kegiatan sorogan meliputi Al Quran, ilmu alat berupa nahwu dan shorof serta kitab ibadah. Kegiatan yang dilakukan di pesantren telah menanamkan nilai-nilai kepemimpinan yang berupa sifat jujur, cerdas, tanggung jawab, dapat dipercaya, kreatif dan inisiatif serta disiplin tinggi. Akhir dari penelitian menyimpulkan bahwa hidden curriculum pesantren telah membentuk santri mempunyai karakter pemimpin tanpa disadari dengan segala kegiatan yang telah dilakukan.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: Leadership values; Pesantren; Sorogan
Divisions: Fakultas Pasca Sarjana > Ilmu Agama Islam S2
Depositing User: M. Erdiansyah
Date Deposited: 21 Sep 2023 08:09
Last Modified: 21 Sep 2023 08:09
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/40182

Actions (login required)

View Item
View Item