AKMAL HABIB (2023) ANALISIS PELAYANAN BADAN PENYELENGGARA JAMINAN SOSIAL (BPJS) KETENAGAKERJAAN TERHADAP BURUH/PEKERJA DI KABUPATEN SERANG PROVINSI BANTEN TAHUN 2020-2021. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
Halaman Judul.pdf
Download (388kB)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only
Download (116kB)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only
Download (38kB)
Bab I.pdf
Download (425kB)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (221kB)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (1MB)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (44kB)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only
Download (197kB)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only
Download (69kB)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only
Download (714kB)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (2MB)
Abstract
BPJS Ketenagakerjaan Kantor Cabang Serang merupakan badan penyelenggara jaminan sosial bagi pekerja/buruh yang berdomisili atau bekerja di Serang. Sebagai badan penyelenggara jaminan sosial ketenagakerjaan di daerah Industri, BPJS Ketenagakerjaan Kantor Cabang Serang memiliki tantangan yang berbeda dengan Kantor Cabang lainnya terutama dalam hal pelayanan, dikarenakan jumlah pekerja/buruh tergolong banyak. Oleh karenanya, penting bagi BPJS Ketenagakerjaan Kantor Cabang Serang maupun buruh/pekerja di Kabupaten Serang dalam menjalankan kewajiban dan menerima hak-haknya. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan pendekatan studi kasus dan menggunakan teknik pengumpulan data melalui wawancara serta dokumentasi. Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui dan menganalisis pelayanan BPJS Ketenagakerjaan Kantor Cabang Serang terhadap buruh/pekerja di Kabupaten Serang. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa aktivitas pelayanan di BPJS Ketenagakerjaan Kantor Cabang Serang terhadap pekerja/buruh di Kabupaten Serang terbagi dalam beberapa tahap penilaian. Pertama ditinjau dari segi aksesibilitas, BPJS Ketenagakerjaan Kantor Cabang Serang sudah cukup optimal karena dari kualitas produk yang dihasilkan sampai fasilitas pelayanan sudah sangat memadai, tetapi hal ini tidak lepas dari beberapa kendala seperti minimnya informasi yang diterima oleh buruh/pekerja di Kabupaten Serang mengenai BPJS Ketenagakerjaan. Kedua, dari segi kecepatan pelayanan, daya tanggap pegawai sudah optimal dengan menerapkan konsep pelayanan Blue Print yang berlandaskan peduli, ringkas, interaktif, modern dan aktif serta tahapan pelayanan atau kesederhaan alur pelayanan yang berjalan dengan baik. Ketiga, dari segi kemudahan klaim, BPJS Ketenagakerjaan Kantor Cabang Serang dalam menerapkan dan menjalankan manajemen klaim dan mekanisme klaim sudah optimal, hanya saja terkait kebijakan klaim atau persyaratan/dokumen yang dibutuhkan dianggap menyulitkan oleh pekerja/buruh di Kabupaten Serang karena ketidaktahuan akibat tidak adanya sosialisasi dan penyuluhan. Kedepannya, BPJS Ketenagakerjaan Kantor Cabang Serang diharapkan lebih mampu dalam menjaga dan memperbaiki komunikasi dengan pekerja/buruh di Kabupaten Serang, agar pekerja/buruh tersebut lebih mengerti akan hak dan kewajibannya dalam mengikuti program Jaminan Sosial Ketenagakerjaan.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Service Analysis, Employment BPJS for Serang Branch Offices, Workers/Workers in Serang Regency |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Politik > Ilmu Pemerintahan S1 |
Depositing User: | M. Erdiansyah |
Date Deposited: | 21 Sep 2023 07:50 |
Last Modified: | 21 Sep 2023 07:50 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/40192 |