FARASDIVANA CENTIKA PUTRI (2023) PERAN EVENT MOTOGP MANDALIKA 2022 SEBEGAI UPAYA PENINGKATAN PEREKONOMIAN LOMBOK. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
Halaman Judul.pdf
Download (873kB)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only
Download (472kB)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only
Download (12kB)
Bab I.pdf
Download (477kB)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (594kB)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (621kB)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (194kB)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only
Download (455kB)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only
Download (730kB)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (996kB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana peran event MotoGP Mandalika 2022 sebagai upaya untuk meningkatkan nation branding pariwisata Indonesia. MotoGP merupakan salah satu olahraga dengan penonton terbesar di dunia. Dengan jumlah pendukung yang luar biasa besar dan didukung media baik lokal maupun mancanegara. Indonesia memfasilitasi MotoGP 2022 menyusul beberapa waktu lalu, tepatnya pada 28 September 1997 di Sirkuit Sentul, Bogor, Jawa Barat. Pada tanggal 18-20 2022, Pertamina Fantastic Prix of Indonesia akan digelar di Zona Keuangan Luar Biasa (KEK) Mandalika di Focal Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB). Diharapkan event bertaraf internasional pertama ini akan memberikan efek pada peningkatan pariwisata dan kondisi perekonomian di masa pandemi Covid-19. Penyelenggaraan kompetisi olahraga balap internasional seperti WSBK dan MotoGP di Sirkuit Mandalika telah memberikan sejumlah dampak menguntungkan di berbagai bidang, terutama dalam hal branding bangsa dan dampak ekonomi ganda negara tuan rumah. Hal itu didapat melalui pembangunan sebuah kantor industri perjalanan wisata, yakni Sirkuit Mandalika yang telah tergabung dengan berbagai kantor pendukung lainnya bersamaan dengan penyelenggaraan game balap. Eksplorasi ini mencoba memaknai bagaimana memilah acara menjadi salah satu kekuatan penting dalam upaya memahami pemulihan industri travel Indonesia yang terkena dampak pandemi virus Corona.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | MotoGP Mandalika 2022; Nation Branding; Lombok; Sport Tourism |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Politik > Hubungan Internasional S1 |
Depositing User: | M. Erdiansyah |
Date Deposited: | 21 Sep 2023 07:50 |
Last Modified: | 21 Sep 2023 07:50 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/40195 |