NURUL MUSLICHATIN (2023) MANAJEMEN HYBRID LEARNING DI SD MUHAMMADIYAH NOYOKERTEN SLEMAN YOGYAKARTA. S2 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
Halaman Judul.pdf
Download (706kB)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only
Download (670kB)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only
Download (576kB)
Bab I.pdf
Download (706kB)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (861kB)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (861kB)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only
Download (1MB)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only
Download (861kB)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (861kB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui manajemen pembelajaran hybrid di SD Muhammadiyah Noyokerten. Penelitian berupa studi kasus yang menggunakan pendekatan deskriptif analitis. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis menggunakan model interaktif data collecting, condensation, display, dan conclusion. Hasil penelitian menunjukkan bahwa manajemen pembelajaran hybrid di SD Muhammadiyah Noyokerten meliputi planning, organizing, actuating, dan controlling. Planning dilakukan dengan sosialisasi perangkat pembelajaran, penjadwalan, dan peningkatan SDM. Organizing dilakukan oleh kepala sekolah dengan merinci, membagi tugas, dan monitoring. Actuating dilakukan dengan penyusunan RPP, komunikasi dengan wali, pengerjaan dan pengumpulan tugas oleh siswa, dan penilaian oleh guru dalam bentuk cetak atau digital. Faktor pendukung berupa sarana prasarana yang memadai, orang tua yang mendampingi, dan SDM yang mumpuni. Sedangkan faktor penghambatnya sebagian orang tua yang mulai enggan mengikuti kegiatan tatap muka. Pembelajaran hybrid dapat dijadikan inovasi pembelajaran alternatif ditengah kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi.
Item Type: | Thesis (S2) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | management, learning, hybrid |
Divisions: | Fakultas Pasca Sarjana > Ilmu Agama Islam S2 |
Depositing User: | M. Erdiansyah |
Date Deposited: | 21 Sep 2023 07:41 |
Last Modified: | 21 Sep 2023 07:41 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/40204 |