FATIHAH KEETING (2023) A STUDY OF THE PROBLEMS IN LEARNING ENGLISH BY THAI STUDENTS AT A PRIVATE UNIVERSITY IN YOGYAKARTA. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
Halaman Judul.pdf
Download (785kB)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only
Download (393kB)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only
Download (16kB)
Bab I.pdf
Download (200kB)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (355kB)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (196kB)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (334kB)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only
Download (287kB)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only
Download (384kB)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only
Download (548kB)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only
Download (444kB)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
Abstract
Saat ini, bahasa Inggris sangat penting bagi siswa Thailand, karena Thailand adalah tujuan wisata utama. Namun, bahasa Inggris masih tetap menjadi bahasa asing di Thailand. Dalam penelitian ini, peneliti bertujuan untuk mengidentifikasi masalah yang dihadapi oleh mahasiswa Thailand saat belajar bahasa Inggris di universitas swasta di Yogyakarta dan mengeksplorasi strategi yang mereka gunakan untuk mengatasi masalah tersebut. Peneliti menggunakan pendekatan kualitatif, dengan menggunakan desain penelitian kualitatif deskriptif. Partisipan dalam penelitian ini adalah enam mahasiswa angkatan 2020, tiga laki-laki dan tiga perempuan, dari Jurusan Pendidikan Bahasa Inggris salah satu universitas di Yogyakarta. Temuan menunjukkan bahwa siswa Thailand menghadapi berbagai masalah seperti kendala bahasa, perbedaan metode pengajaran, kerinduan, kejutan budaya, kesulitan dalam komunikasi, dan menulis. Untuk mengatasi tantangan tersebut, siswa Thailand menggunakan berbagai strategi, seperti meminta bantuan teman, berlatih sendiri, dan terbiasa dengan pembelajaran yang berpusat pada siswa untuk mengatasi tantangan yang ditimbulkan oleh metode pengajaran yang berbeda. Menjaga motivasi belajar juga penting saat belajar di luar negeri; Siswa Thailand menggunakan strategi seperti tetap terhubung dengan teman dan keluarga untuk meningkatkan keterampilan komunikasi mereka, siswa Thailand berlatih berbicara bahasa Inggris dengan sesama siswa Indonesia baik di dalam maupun di luar kelas, serta berlatih sendiri. Masalah menulis diatasi dengan menggunakan aplikasi menulis dan situs web, serta terlibat dalam praktik menulis ekstensif. Penelitian ini memberikan wawasan berharga tentang masalah dan strategi yang digunakan oleh siswa Thailand saat belajar bahasa Inggris di Indonesia. Ini dapat membantu siswa, guru, dan institusi dalam memahami dan menerapkan metode yang tepat untuk mencapai keberhasilan dalam pembelajaran bahasa Inggris.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Learning English, Thai student, Studying Abroad, Problems, Strategies |
Divisions: | Fakultas Pendidikan Bahasa > Pendidikan Bahasa Inggris S1 |
Depositing User: | M. Erdiansyah |
Date Deposited: | 21 Sep 2023 07:41 |
Last Modified: | 21 Sep 2023 07:41 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/40207 |