PENGUATAN RESILIENSI AKADEMIK ANAK MARGINAL DI DIY YOGYAKARTA

AWANG DHANY ARMANSYAH (2023) PENGUATAN RESILIENSI AKADEMIK ANAK MARGINAL DI DIY YOGYAKARTA. S2 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of Halaman Judul] Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf

Download (136kB)
[thumbnail of Lembar Pengesahan] Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only

Download (672kB)
[thumbnail of Abstrak] Text (Abstrak)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only

Download (85kB)
[thumbnail of Bab I] Text (Bab I)
Bab I.pdf

Download (205kB)
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (798kB)
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (798kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (163kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (205kB)
[thumbnail of Naskah Publikasi] Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (798kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (798kB)

Abstract

Penelitian ini mendeskripsikan tentang bagaimana peran Komunitas Sekolah Marginal sebagai komunitas yang peduli terhadap pendidikan anak-anak marginal di Daerah Istimewa Yogyakarta dalam mengembangkan resiliensi akademik anak-anak jalanan Penelitian yang digunakan adalah kualitataif dengan pendekatan studi kasus. Data diambil dari hasil observasi, wawancara wawancara kepada 5 pengurus Komunitas Sekolah Marginal, 2 orang tua dari anak marginal serta dokumentasi. Hasil dari penelitian ini adalah (a) Peran KSM dalam membangun resiliensi akademik anak marginal merupakan dukungan pendidikan baik secara material ataupun non material , (b) advokasi terhadap anak-anak jalanan yang KSM berikan ditemukan fator pendukung antara lain kolaborasi, pendanaan dan lingkungan. Sedangkan untuk faktor penghambat seperti fasilitas pendidikan yang terbatas, menejemen pengajaran dan perilaku dari anak marginal, (c) Implikasi dari peran KSM berdampak pada pendidikan anak-anak marginal, kesadaran orang tua marginal akan pentingnya pendidikan anak-anak mereka dan lingkungan tempat KSM berada

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: Academic Resilience; Marginal Child; Case study
Divisions: Fakultas Pasca Sarjana > Ilmu Agama Islam S2
Depositing User: M. Erdiansyah
Date Deposited: 22 Sep 2023 06:21
Last Modified: 22 Sep 2023 06:21
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/40224

Actions (login required)

View Item
View Item