AWANG DHANY ARMANSYAH (2023) PENGUATAN RESILIENSI AKADEMIK ANAK MARGINAL DI DIY YOGYAKARTA. S2 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
Halaman Judul.pdf
Download (136kB)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only
Download (672kB)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only
Download (85kB)
Bab I.pdf
Download (205kB)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (798kB)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (798kB)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only
Download (163kB)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only
Download (205kB)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only
Download (798kB)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (798kB)
Abstract
Penelitian ini mendeskripsikan tentang bagaimana peran Komunitas Sekolah Marginal sebagai komunitas yang peduli terhadap pendidikan anak-anak marginal di Daerah Istimewa Yogyakarta dalam mengembangkan resiliensi akademik anak-anak jalanan Penelitian yang digunakan adalah kualitataif dengan pendekatan studi kasus. Data diambil dari hasil observasi, wawancara wawancara kepada 5 pengurus Komunitas Sekolah Marginal, 2 orang tua dari anak marginal serta dokumentasi. Hasil dari penelitian ini adalah (a) Peran KSM dalam membangun resiliensi akademik anak marginal merupakan dukungan pendidikan baik secara material ataupun non material , (b) advokasi terhadap anak-anak jalanan yang KSM berikan ditemukan fator pendukung antara lain kolaborasi, pendanaan dan lingkungan. Sedangkan untuk faktor penghambat seperti fasilitas pendidikan yang terbatas, menejemen pengajaran dan perilaku dari anak marginal, (c) Implikasi dari peran KSM berdampak pada pendidikan anak-anak marginal, kesadaran orang tua marginal akan pentingnya pendidikan anak-anak mereka dan lingkungan tempat KSM berada
Item Type: | Thesis (S2) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Academic Resilience; Marginal Child; Case study |
Divisions: | Fakultas Pasca Sarjana > Ilmu Agama Islam S2 |
Depositing User: | M. Erdiansyah |
Date Deposited: | 22 Sep 2023 06:21 |
Last Modified: | 22 Sep 2023 06:21 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/40224 |