EXPLORING THE CAUSES OF SPEAKING ANXIETY DURING GROUP DISCUSSION AT ONE OF THE ENGLISH COURSES IN YOGYAKARTA

ELYSA AGUSTINA (2023) EXPLORING THE CAUSES OF SPEAKING ANXIETY DURING GROUP DISCUSSION AT ONE OF THE ENGLISH COURSES IN YOGYAKARTA. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of Halaman Judul] Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf

Download (446kB)
[thumbnail of Lembar Pengesahan] Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only

Download (120kB)
[thumbnail of Abstrak] Text (Abstrak)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only

Download (130kB)
[thumbnail of Bab I] Text (Bab I)
Bab I.pdf

Download (124kB)
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (159kB)
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (110kB)
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (115kB)
[thumbnail of Bab V] Text (Bab V)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (84kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (42kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (118kB)
[thumbnail of Naskah Publikasi] Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (235kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (561kB)

Abstract

Siswa yang aktif terlibat dalam wacana kolaboratif seperti diskusi kelompok diperbolehkan untuk mengekspresikan ide dan perspektif mereka. Namun, adalah umum bagi siswa untuk menghadapi perasaan cemas sebelum berpartisipasi karena tingkat kecemasan mereka dapat meningkat ketika mereka mengalami kecemasan mengenai kemampuan mereka untuk terlibat dalam diskusi kelompok. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk menyelidiki faktor-faktor yang mendasari pengalaman kecemasan berbicara siswa dalam diskusi kelompok, serta strategi yang digunakan oleh mereka untuk mengurangi kecemasan mereka. Dalam penelitian ini digunakan pendekatan kualitatif dan desain penelitian kualitatif deskriptif. Penelitian ini dilakukan di Jurusan Pendidikan Bahasa Inggris (PBI) di salah satu universitas swasta Islam di Yogyakarta. Pengumpulan data dilakukan melalui sesi wawancara dengan total enam partisipan. Berdasarkan temuan tersebut, dapat disimpulkan bahwa siswa terus menghadapi tantangan yang signifikan dalam mengelola tingkat kecemasan mereka selama kegiatan berbicara dalam diskusi kelompok. Enam kekhawatiran yang terkait dengan kecemasan berbicara mereka teridentifikasi di antara para peserta, yaitu takut dikritik, takut konflik emosional, takut membuat kesalahan, takut menghadapi pengalaman yang tidak menyenangkan, takut lupa isi, dan masalah bahasa. Juga, penelitian ini menemukan strategi untuk mengelola kecemasan berbicara secara efektif dalam diskusi kelompok. Strategi mereka termasuk terlibat dalam persiapan menyeluruh, menggunakan teknik relaksasi, menumbuhkan pemikiran positif, dan terlibat dalam sesi latihan bersama.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Group Discussion, Speaking Anxiety, Causes, Strategies
Divisions: Fakultas Pendidikan Bahasa > Pendidikan Bahasa Inggris S1
Depositing User: M. Erdiansyah
Date Deposited: 21 Sep 2023 03:38
Last Modified: 21 Sep 2023 03:38
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/40226

Actions (login required)

View Item
View Item