PERAN EKSTRAKURIKULER HIZBUL WATHAN (HW) DALAM MENINGKATKAN KEDISIPLINAN SISWA(STUDI EVALUASI PROGRAM DI SD MUHAMMADIYAH BATUR BANJARNEGARA)

SOFIA NADA CAMILIA (2023) PERAN EKSTRAKURIKULER HIZBUL WATHAN (HW) DALAM MENINGKATKAN KEDISIPLINAN SISWA(STUDI EVALUASI PROGRAM DI SD MUHAMMADIYAH BATUR BANJARNEGARA). S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of Halaman Judul] Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf

Download (393kB)
[thumbnail of Lembar Pengesahan] Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only

Download (58kB)
[thumbnail of Abstrak] Text (Abstrak)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only

Download (34kB)
[thumbnail of Bab I] Text (Bab I)
Bab I.pdf

Download (109kB)
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (204kB)
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (113kB)
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (371kB)
[thumbnail of Bab V] Text (Bab V)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (38kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (175kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[thumbnail of Naskah Publikasi] Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (265kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui evaluasi konteks, evaluasi masukan, evaluasi proses dan evaluasi produk program Hizbul Wathan di SD Muhammadiyah Batur Banjarnegara. Selain itu, penelitian ini juga bertujuan untuk melihat seberapa besar tingkat disiplin peserta didik kelas V di SD Muhammadiyah Batur Banjarnegara. Penelitian ini merupakan penelitian evaluatif, dengan menggunakan model evaluasi yang dikembangkan oleh Stufflebeam, yakni model evaluasi CIPP dengan mengevaluasi empat komponen, context, input, process, dan product. Partisipan dalam penelitian ini adalah penanggung jawab program HW, pembina HW, guru/wali kelas V, dan siswa kelas V di SD Muhammadiyah Batur Banjarnegara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Evaluasi konteks menunjukkan hasil yang cukup optimal berdasarkan pada aspek latar belakang, survei, rapat penyusunan, dokumen, dan sosialisasi program; 2) Evaluasi input menunjukkan hasil yang cukup optimal berdasarkan pada aspek kesiapan sekolah, penunjukkan penanggung jawab, pengorganisasian program, keikutsertaan siswa, dan sarana prasarana penunjang program; 3) Evaluasi proses menunjukkan hasil yang optimal berdasarkan pada aspek partisipasi stakeholder, jadwal pelaksanaan, materi, metode, media, dan sistem penilaian program; 4) Evaluasi produk menunjukkan hasil yang cukup optimal berdasarkan indikator kedisiplinan di dalam kelas, kedisiplinan di luar kelas/pada jam istirahat, dan kedisiplinan di rumah. Secara keseluruhan, evaluasi program tersebut dengan teori CIPP menunjukkan hasil yang cukup optimal.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: CIPP Evaluation, Hizbul Wathan, Discipline
Divisions: Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam S1
Depositing User: M. Erdiansyah
Date Deposited: 21 Sep 2023 03:31
Last Modified: 21 Sep 2023 03:31
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/40252

Actions (login required)

View Item
View Item