SOFIA NADA CAMILIA (2023) PERAN EKSTRAKURIKULER HIZBUL WATHAN (HW) DALAM MENINGKATKAN KEDISIPLINAN SISWA(STUDI EVALUASI PROGRAM DI SD MUHAMMADIYAH BATUR BANJARNEGARA). S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
Halaman Judul.pdf
Download (393kB)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only
Download (58kB)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only
Download (34kB)
Bab I.pdf
Download (109kB)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (204kB)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (113kB)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (371kB)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only
Download (38kB)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only
Download (175kB)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only
Download (1MB)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only
Download (265kB)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (2MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui evaluasi konteks, evaluasi masukan, evaluasi proses dan evaluasi produk program Hizbul Wathan di SD Muhammadiyah Batur Banjarnegara. Selain itu, penelitian ini juga bertujuan untuk melihat seberapa besar tingkat disiplin peserta didik kelas V di SD Muhammadiyah Batur Banjarnegara. Penelitian ini merupakan penelitian evaluatif, dengan menggunakan model evaluasi yang dikembangkan oleh Stufflebeam, yakni model evaluasi CIPP dengan mengevaluasi empat komponen, context, input, process, dan product. Partisipan dalam penelitian ini adalah penanggung jawab program HW, pembina HW, guru/wali kelas V, dan siswa kelas V di SD Muhammadiyah Batur Banjarnegara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Evaluasi konteks menunjukkan hasil yang cukup optimal berdasarkan pada aspek latar belakang, survei, rapat penyusunan, dokumen, dan sosialisasi program; 2) Evaluasi input menunjukkan hasil yang cukup optimal berdasarkan pada aspek kesiapan sekolah, penunjukkan penanggung jawab, pengorganisasian program, keikutsertaan siswa, dan sarana prasarana penunjang program; 3) Evaluasi proses menunjukkan hasil yang optimal berdasarkan pada aspek partisipasi stakeholder, jadwal pelaksanaan, materi, metode, media, dan sistem penilaian program; 4) Evaluasi produk menunjukkan hasil yang cukup optimal berdasarkan indikator kedisiplinan di dalam kelas, kedisiplinan di luar kelas/pada jam istirahat, dan kedisiplinan di rumah. Secara keseluruhan, evaluasi program tersebut dengan teori CIPP menunjukkan hasil yang cukup optimal.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | CIPP Evaluation, Hizbul Wathan, Discipline |
Divisions: | Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam S1 |
Depositing User: | M. Erdiansyah |
Date Deposited: | 21 Sep 2023 03:31 |
Last Modified: | 21 Sep 2023 03:31 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/40252 |