NURFADILAH HASYIM (2023) PENGARUH KECERDASAN SPIRITUAL DAN RELIGIUSITAS TERHADAP KEMAMPUAN SELF-REGULATED LEARNING (SRL) MAHASISWA PENDIDIKAN ULAMA TARJIH MUHAMMADIYAH (PUTM) YOGYAKARTA. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
Halaman Judul.pdf
Download (1MB)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only
Download (215kB)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only
Download (329kB)
Bab I.pdf
Download (647kB)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (855kB)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (656kB)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (2MB)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only
Download (340kB)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only
Download (473kB)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only
Download (2MB)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only
Download (1MB)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (6MB)
Abstract
Penelitian ini berjudul �Pengaruh Kecerdasan Spiritual dan Religiusitas terhadap Kemampuan Self-Regulated Learning (SRL) Mahasiswa Pendidikan Ulama Tarjih Muhammadiyah (PUTM) Yogyakarta� dilatarbelakangi oleh perlunya kemampuan SRL dimiliki dan dikembangkan oleh seorang pelajar maupun mahasiswa. Namun, pada realitanya masih banyak pelajar/mahasiswa yang belum mampu mengatur dengan baik regulasi belajar mereka. Penelitian ini bertujuan untuk mengukur kecerdasan spiritual, religiusitas, dan SRL mahasiswa PUTM, serta untuk mengetahui pengaruh kecerdasan spiritual dan religiusitas terhadap kemampuan SRL mahasiswa PUTM. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan dengan menggunakan pendekatan kuantitatif dan kualitatif (mix method) dengan analisis data uji regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Mahasiswa/i PUTM memiliki tingkat kecerdasan spiritual dengan kategori tinggi sebesar 86.7% artinya mereka telah mampu bersikap fleksibel, memiliki kesadaran yang tinggi, mampu mengadapi dan memanfaatkan penderitaan dan berpandangan holistik. 2) Mahasiswa/i PUTM memiliki religiusitas pada kategori tinggi sebesar 91.7% artinya keyakinan, praktik ibadah, pengalaman, penghayatan, pengetahuan agama mereka sangat baik. 3) Mahasiswa/i PUTM memiliki tingkat SRL yang tinggi yaitu sebesar 70% artinya mahasiswa/i PUTM mampu di dalam mengatur dan meregulasi kognisi, motivasi, dan perilaku belajar mereka. 4) Pada Uji F kecerdasan spiritual dan religiusitas secara simultan berpengaruh terhadap kemampuan SRL mahasiswa/i PUTM dengan presentase 48%. Pada uji t bahwa kecerdasan spiritual tidak berpengaruh secara signifikan terhadap kemampuan SRL mahasiswa PUTM dengan 24.7% pengaruh, sedangkan religiusitas memiliki pengaruh signifikan terhadap kemampuan SRL mahasiswa PUTM dengan 90.6% pengaruh. Sehingga dalam peningkatan kemampuan regulasi belajar, kecerdasan spiritual disertai religiusitas juga perlu dikembangkan pada diri para pelajar dan mahasiswa.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Spiritual Intelligence, Religiosity, Learning Regulation |
Divisions: | Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam S1 |
Depositing User: | M. Erdiansyah |
Date Deposited: | 21 Sep 2023 02:32 |
Last Modified: | 21 Sep 2023 02:32 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/40261 |