FITRIANI (2023) FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KURANGNYA MINAT PENUMPANG "TRANS JOGJA". S2 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
Halaman Judul.pdf
Download (825kB)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only
Download (989kB)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only
Download (258kB)
Bab I.pdf
Download (315kB)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (440kB)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (254kB)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (1MB)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only
Download (163kB)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only
Download (403kB)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only
Download (482kB)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
Abstract
Tesis ini berjudul Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Kurangnya Minat Penumpang �Trans Jogja�. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui mengapa pengguna Trans Jogja bisa menurun, faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi kurangnya minat pengguna Trans Jogja, dan untuk mengetahui implikasi yang dirasakan Trans Jogja, Pemerintah terkait, dan Lingkungan dari kurangnya minat penumpang Trans Jogja, serta solusi yang bisa diberikan dari berkurangnya minat pengguna Trans Jogja. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode kualitatif deskriptif yang fokus pada data yang diperoleh dari berbagai referensi seperti artikel, jurnal, website resmi pemerintah, akun media sosial Trans Jogja dan Teman Bus Jogja (Instagram dan Twitter), berita, serta peraturan-peraturan yang memiliki keterkaitan dengan Trans Jogja. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas pelayanan Trans Jogja berdasarkan dimensi realibility, dimensi tangibles, dimensi responsiveness, dan dimensi assurance telah sesuai dengan Standar Pelayanan Minimal yang terdapat pada Peraturan Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta Nomor 127 Tahun 2021 tentang Penyelenggaraan Sistem Angkutan Perkotaan Bersubsidi Trans Jogja dengan Sistem Buy the Service. Dari beberapa faktor yang menjadi penilaian kualitas pelayanan Trans Jogja, dimensi yang paling berpengaruh pada kurangnya minat masyarakat menggunakan Trans Jogja adalah dimensi "Tangibles". Adapun implikasi yang didapatkan dari kurangnya minat penumpang Trans Jogja; Penurunan Pendapatan, Potensi Pengurangan Layanan, Peningkatan Lalu Lintas, Evaluasi Sosial dan Lingkungan, dan Evaluasi dan Perbaikan Sistem. Namun, informasi pelayanan seperti informasi kedatangan bus, rute, dan informasi gangguan perjalanan bus yang hanya disediakan melalui aplikasi, tidak dapat diakses bagi calon penumpang yang tidak menggunakan handphone, seperti lansia, dan beberapa kelompok disabilitas. Selain itu, jarak ke halte dengan lokasi calon penumpang terbilang cukup jauh, sehingga masyarakat lebih memilih untuk menggunakan transportasi pribadi dan transportasi online. Untuk meningkatkan jumlah penumpang Trans Jogja, sebaiknya pemerintah perlu membuat kebijakan terkait pembatasan penggunaan transportasi pribadi dan menggiatkan promosi penggunaan Trans Jogja.
Item Type: | Thesis (S2) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Trans Jogja, Service Quality, Accessibility, Passengers, Implications |
Divisions: | Fakultas Pasca Sarjana > Ilmu Pemerintahan S2 |
Depositing User: | M. Erdiansyah |
Date Deposited: | 21 Sep 2023 02:30 |
Last Modified: | 21 Sep 2023 02:30 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/40263 |