EDI SUCIPTO (2023) EXPLORING LECTURERS' PERSPECTIVES ON INTEGRATING LEARNING STYLES INTO BLENDED LEARNING APPROACHES. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
Halaman Judul.pdf
Download (450kB)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only
Download (64kB)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only
Download (109kB)
Bab I.pdf
Download (213kB)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (264kB)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (233kB)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (422kB)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only
Download (299kB)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only
Download (334kB)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only
Download (358kB)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (952kB)
Abstract
Gaya belajar adalah kecenderungan seseorang untuk memperoleh informasi dengan cara yang berbeda. Blended learning adalah metode pembelajaran dengan melakukan dua cara, yaitu online dan offline. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui praktik terbaik dan tantangan yang dihadapi dalam menggabungkan gaya belajar ke dalam blended learning. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan mengamati fenomena yang terjadi khususnya dalam memasukkan gaya belajar ke dalam blended learning dari persepsi dosen berdasarkan pengalamannya dalam melaksanakan pembelajaran. Penelitian ini dilakukan di sebuah universitas swasta di Yogyakarta dengan partisipan tiga orang dosen dari Jurusan Pendidikan Bahasa Inggris. Peneliti telah melakukan wawancara untuk mengumpulkan data. Enam temuan yang berkaitan dengan praktik terbaik dalam memasukkan gaya belajar ke dalam pembelajaran blended learning antara lain melakukan observasi untuk mengetahui gaya belajar masing-masing mahasiswa, merancang materi pembelajaran, memungkinkan untuk memfasilitasi pembelajaran dengan gaya belajar yang bervariasi, menggunakan strategi pembelajaran yang sesuai, menggunakan kolaborasi dan kerja kelompok yang meningkatkan keterlibatan aktif mahasiswa, mempertimbangkan jenis penilaian yang akan diberikan. Kemudian, empat temuan lebih lanjut juga ditunjukkan mengenai tantangan yang dihadapi ketika menggabungkan gaya belajar ke dalam pembelajaran campuran, termasuk tantangan dalam membuat siswa terlibat, tantangan dalam mendesain materi, tantangan yang berkaitan dengan waktu yang dibutuhkan, dan tekanan yang muncul karena terlalu fokus pada preferensi gaya belajar siswa.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Learning Style, Blended Learning, Best Practice, Challenges |
Divisions: | Fakultas Pendidikan Bahasa > Pendidikan Bahasa Inggris S1 |
Depositing User: | Aidilla Qurotianti |
Date Deposited: | 09 Nov 2023 01:56 |
Last Modified: | 09 Nov 2023 01:56 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/40309 |