EXPLORING LECTURERS' PERSPECTIVES ON INTEGRATING LEARNING STYLES INTO BLENDED LEARNING APPROACHES

EDI SUCIPTO (2023) EXPLORING LECTURERS' PERSPECTIVES ON INTEGRATING LEARNING STYLES INTO BLENDED LEARNING APPROACHES. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of Halaman Judul] Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf

Download (450kB)
[thumbnail of Lembar Pengesahan] Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only

Download (64kB)
[thumbnail of Abstrak] Text (Abstrak)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only

Download (109kB)
[thumbnail of Bab I] Text (Bab I)
Bab I.pdf

Download (213kB)
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (264kB)
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (233kB)
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (422kB)
[thumbnail of Bab V] Text (Bab V)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (299kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (334kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (358kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (952kB)

Abstract

Gaya belajar adalah kecenderungan seseorang untuk memperoleh informasi dengan cara yang berbeda. Blended learning adalah metode pembelajaran dengan melakukan dua cara, yaitu online dan offline. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui praktik terbaik dan tantangan yang dihadapi dalam menggabungkan gaya belajar ke dalam blended learning. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan mengamati fenomena yang terjadi khususnya dalam memasukkan gaya belajar ke dalam blended learning dari persepsi dosen berdasarkan pengalamannya dalam melaksanakan pembelajaran. Penelitian ini dilakukan di sebuah universitas swasta di Yogyakarta dengan partisipan tiga orang dosen dari Jurusan Pendidikan Bahasa Inggris. Peneliti telah melakukan wawancara untuk mengumpulkan data. Enam temuan yang berkaitan dengan praktik terbaik dalam memasukkan gaya belajar ke dalam pembelajaran blended learning antara lain melakukan observasi untuk mengetahui gaya belajar masing-masing mahasiswa, merancang materi pembelajaran, memungkinkan untuk memfasilitasi pembelajaran dengan gaya belajar yang bervariasi, menggunakan strategi pembelajaran yang sesuai, menggunakan kolaborasi dan kerja kelompok yang meningkatkan keterlibatan aktif mahasiswa, mempertimbangkan jenis penilaian yang akan diberikan. Kemudian, empat temuan lebih lanjut juga ditunjukkan mengenai tantangan yang dihadapi ketika menggabungkan gaya belajar ke dalam pembelajaran campuran, termasuk tantangan dalam membuat siswa terlibat, tantangan dalam mendesain materi, tantangan yang berkaitan dengan waktu yang dibutuhkan, dan tekanan yang muncul karena terlalu fokus pada preferensi gaya belajar siswa.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Learning Style, Blended Learning, Best Practice, Challenges
Divisions: Fakultas Pendidikan Bahasa > Pendidikan Bahasa Inggris S1
Depositing User: Aidilla Qurotianti
Date Deposited: 09 Nov 2023 01:56
Last Modified: 09 Nov 2023 01:56
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/40309

Actions (login required)

View Item
View Item