CAHYO PRIHATMOKO (2023) ANALISIS PERENCANAAN STRATEGIK MENGGUNAKAN RERANGKA BALANCED SCORECARD DI RS ISLAM YOGYAKARTA PDHI. S2 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
Halaman Judul.pdf
Download (670kB)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only
Download (464kB)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only
Download (19kB)
Bab I.pdf
Download (66kB)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (426kB)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (109kB)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (258kB)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only
Download (106kB)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only
Download (99kB)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only
Download (351kB)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
Abstract
Latar Belakang: Rumah sakit merupakan garda terdepan dalam penanggulangan wabah covid tetapi alat perlindungan diri (APD) menjadi semakin langka. Hal ini membuat manajemen layanan Kesehatan semakin tidak efektif dan tidak efisien. Harapannya adalah bahwa rumah sakit akan dapat menavigasi fase epidemi ini dengan mengubah semua hambatan menjadi harapan dan semua peluang menjadi kekuatan. Dengan demikian, terlepas dari krisis dan kondisi saat ini, rumah sakit dapat bertahan dan berusaha terus berkembang. Tujuan: Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menyusun strategi dalam mengendalikan biaya guna mempertahankan bahkan menumbuhkan kinerja rumah sakit di masa pandemi covid-19. Metode: Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus yang dilakukan di RSIY PDHI. Desain penelitian ini menggunakan pendekatan untuk mengeksplorasi dan memahami organisasi dengan menyajikan gambaran yang komprehensif dan melaporkan deskripsi rinci tentang sumber informasi dan menyiapkannya tanpa intervensi dari peneliti. Temuan: Dari perspektif keuangan, ditetapkan tiga target strategis, yaitu pertumbuhan pendapatan, pengurangan biaya, dan peningkatan profitabilitas. Dari sisi pelanggan, ada empat target strategis yang ditetapkan, yaitu, meningkatkan kualitas dan kualitas pelayanan, meningkatkan kepuasan pelanggan, meningkatkan kualitas hubungan pelanggan, dan meningkatkan citra rumah sakit. Dari perspektif proses bisnis internal, ditetapkan tiga target strategis, yaitu integrasi proses layanan internal, peningkatan kualitas proses layanan kepada pelanggan, dan peningkatan kecepatan proses inovasi layanan. Dari sisi growth and learning, ditetapkan tiga target strategis, yaitu peningkatan kapabilitas karyawan, peningkatan kepuasan karyawan, dan peningkatan penggunaan sistem informasi yang terintegrasi.
Item Type: | Thesis (S2) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Balanced Scorecard, BSC, Strategic Plan, Hospital, Strategic Plan Analysis, Strategic Goals, Performance, Key Indicators |
Divisions: | Fakultas Pasca Sarjana > Administrasi Rumah Sakit S2 |
Depositing User: | Aidilla Qurotianti |
Date Deposited: | 08 Nov 2023 07:26 |
Last Modified: | 08 Nov 2023 07:26 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/40338 |