CAHYO PRIHATMOKO (2023) ANALISIS PERENCANAAN STRATEGIK MENGGUNAKAN RERANGKA BALANCED SCORECARD DI RS ISLAM YOGYAKARTA PDHI. S2 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
![]() |
Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf Download (670kB) |
![]() |
Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf Restricted to Registered users only Download (464kB) |
![]() |
Text (Abstrak)
Abstrak.pdf Restricted to Registered users only Download (19kB) |
![]() |
Text (Bab I)
Bab I.pdf Download (66kB) |
![]() |
Text (Bab II)
Bab II.pdf Restricted to Registered users only Download (426kB) |
![]() |
Text (Bab III)
Bab III.pdf Restricted to Registered users only Download (109kB) |
![]() |
Text (Bab IV)
Bab IV.pdf Restricted to Registered users only Download (258kB) |
![]() |
Text (Bab V)
Bab V.pdf Restricted to Registered users only Download (106kB) |
![]() |
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (99kB) |
![]() |
Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf Restricted to Registered users only Download (351kB) |
![]() |
Text (Full Text)
Full Text.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Latar Belakang: Rumah sakit merupakan garda terdepan dalam penanggulangan wabah covid tetapi alat perlindungan diri (APD) menjadi semakin langka. Hal ini membuat manajemen layanan Kesehatan semakin tidak efektif dan tidak efisien. Harapannya adalah bahwa rumah sakit akan dapat menavigasi fase epidemi ini dengan mengubah semua hambatan menjadi harapan dan semua peluang menjadi kekuatan. Dengan demikian, terlepas dari krisis dan kondisi saat ini, rumah sakit dapat bertahan dan berusaha terus berkembang. Tujuan: Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menyusun strategi dalam mengendalikan biaya guna mempertahankan bahkan menumbuhkan kinerja rumah sakit di masa pandemi covid-19. Metode: Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus yang dilakukan di RSIY PDHI. Desain penelitian ini menggunakan pendekatan untuk mengeksplorasi dan memahami organisasi dengan menyajikan gambaran yang komprehensif dan melaporkan deskripsi rinci tentang sumber informasi dan menyiapkannya tanpa intervensi dari peneliti. Temuan: Dari perspektif keuangan, ditetapkan tiga target strategis, yaitu pertumbuhan pendapatan, pengurangan biaya, dan peningkatan profitabilitas. Dari sisi pelanggan, ada empat target strategis yang ditetapkan, yaitu, meningkatkan kualitas dan kualitas pelayanan, meningkatkan kepuasan pelanggan, meningkatkan kualitas hubungan pelanggan, dan meningkatkan citra rumah sakit. Dari perspektif proses bisnis internal, ditetapkan tiga target strategis, yaitu integrasi proses layanan internal, peningkatan kualitas proses layanan kepada pelanggan, dan peningkatan kecepatan proses inovasi layanan. Dari sisi growth and learning, ditetapkan tiga target strategis, yaitu peningkatan kapabilitas karyawan, peningkatan kepuasan karyawan, dan peningkatan penggunaan sistem informasi yang terintegrasi.
Dosen Pembimbing: | Kusbaryanto, Dr. dr. , M.Kes., FISPH., FISCM and Nur Hidayah, Dr., S.E., M.M. | NIDN0507086502, NIDN0311065902 |
---|---|
Item Type: | Thesis (S2) |
Uncontrolled Keywords: | Balanced Scorecard, BSC, Strategic Plan, Hospital, Strategic Plan Analysis, Strategic Goals, Performance, Key Indicators |
Divisions: | Pasca Sarjana > S2 Administrasi Rumah Sakit |
Depositing User: | Aidilla Qurotianti |
Date Deposited: | 08 Nov 2023 07:26 |
Last Modified: | 08 Nov 2023 07:26 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/40338 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |