MIFTAH LAILIYAH MUFIDAH (2023) THE USE OF TRANSLANGUAGING AMONG INDONESIAN STUDENTS AT A PRIVATE UNIVERSITY IN YOGYAKARTA. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
Halaman Judul.pdf
Download (4MB)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only
Download (356kB)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only
Download (74kB)
Bab I.pdf
Download (90kB)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (133kB)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (104kB)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (131kB)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only
Download (71kB)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only
Download (105kB)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only
Download (114kB)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only
Download (214kB)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
Abstract
Translanguaging adalah sebuah strategi untuk penutur dwibahasa atau multibahasa untuk memfasilitasi pengajaran bahasa Inggris dengan menggabungkan beberapa bahasa, membantu dalam pengajaran bahasa asing dan bahasa asli serta komunikasi antarteman. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi penggunaan dan manfaat translanguaging di sebuah perguruan tinggi swasta di Yogyakarta. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan desain kualitatif deskriptif dan dilakukan di jurusan Pendidikan Bahasa Inggris (PBI). Selain itu, penelitian ini melibatkan tiga kelas untuk observasi dan empat siswa untuk wawancara sebagai partisipan penelitian ini. Penelitian ini menggunakan daftar panduan untuk observasi dan wawancara terbuka untuk mengumpulkan data. Hasil penemuan yang pertama menunjukkan bahwa penggunaan translanguaging menggunakan dua jenis yaitu code-switching dan interpreting. Untuk hasil penemuan yang kedua menunjukkan bahwa manfaat translanguaging adalah untuk meningkatkan kepercayaan diri dalam keterampilan berbicara, membantu siswa berinteraksi dengan teman sebayanya, dan membantu siswa memperoleh materi. Selain itu, penelitian ini juga menunjukan bahwa penggunaan dan manfaat penerjemahan berdampak pada minat siswa selama proses belajar mengajar.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | EFL, code-switching, interpreting, multilingualism, Translanguaging |
Divisions: | Fakultas Pendidikan Bahasa > Pendidikan Bahasa Inggris S1 |
Depositing User: | Aidilla Qurotianti |
Date Deposited: | 08 Nov 2023 07:08 |
Last Modified: | 08 Nov 2023 07:08 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/40345 |