MOTIVASI BELAJAR SANTRI KALONG PADA PELAJARAN BAHASA ARAB DI MADRASAH TSANAWIYAH

KADIR (2023) MOTIVASI BELAJAR SANTRI KALONG PADA PELAJARAN BAHASA ARAB DI MADRASAH TSANAWIYAH. S2 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of Halaman Judul] Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf

Download (529kB)
[thumbnail of Lembar Pengesahan] Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only

Download (746kB)
[thumbnail of Abstrak] Text (Abstrak)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only

Download (104kB)
[thumbnail of Bab I] Text (Bab I)
Bab I.pdf

Download (529kB)
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (363kB)
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (363kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (165kB)
[thumbnail of Naskah Publikasi] Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (363kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (363kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis motivasi belajar, faktor pendukung maupun penghambat motivasi belajar santri kalong pada pelajaran bahasa arab. Penelitian ini menggunakan metode studi kasis dengan pendekatan kualitatif deskriptif yang dilaksanakan di MTs Daarul Ulum Muhammadiyah Galur Kulon Progo. Adapun Subyek penelitian ini adalah siswa yang mencapai nilai kreteria ketuntasan minimal yang diambil dengan teknik snowball. Pengumpulan data melalui observasi lapangan, wawancara dan dokumentasi. Metode yang digunakan untuk menganalisa data dengan tringulasi yaitu membandingkan antara wawancara, dokumentasi dan observasi. Hasil dari penelitian ini adalah siswa memiliki motivasi yang kuat. Faktor yang mempengaruhi motivasi belajar ada dua, pertama faktor intrinsik yakni adanya kesadaran siswa akan pentingnya belajar, keinginan siswa untuk bisa memahami bahasa arab, sungguh-sungguh dan gigih dalam belajar. Kedua, faktor ekstrinsik yakni adanya keinginan melanjutkan pendidikan yang lebih tinggi , meniru perilaku para tokoh agama galur dan masyaratakat yang sukses serta fasilitas belajar yang memadai. Adapun faktor pendukung motivasi belajar santri adanya pendampingan dan dukungan penuh dari orang tua, cara mengajar nyaman dan menyenangkan, serta adanya dukungan finansial yang memadai sesuai dengan kemampuan orang tua masing-masing. Sedangkan faktor penghambat motivasi belajar santri kalong yaitu adanya temen mengganggu saat belajar dan kurangnya fasilitas belajar mengajar.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: Learning Motivation, Education, Arabic, Santri Kalong
Divisions: Fakultas Pasca Sarjana > Ilmu Agama Islam S2
Depositing User: Aidilla Qurotianti
Date Deposited: 08 Nov 2023 06:59
Last Modified: 08 Nov 2023 06:59
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/40349

Actions (login required)

View Item
View Item