TRAVALIA NATASYA DEWI (2023) PRE-SERVICE TEACHERS' ANXIETY IN TEACHING PRACTICE DURING INTERNSHIP PROGRAM. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
Halaman Judul.pdf
Download (421kB)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only
Download (67kB)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only
Download (61kB)
Bab I.pdf
Download (281kB)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (396kB)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (281kB)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (410kB)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only
Download (270kB)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only
Download (336kB)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only
Download (344kB)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only
Download (213kB)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
Abstract
Praktik mengajar diimplementasikan di lembaga pendidikan pengajaran untuk mempersiapkan calon guru menjadi guru profesional. Dalam kegiatan praktik mengajar, calon guru mengalami kecemasan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui faktor-faktor yang memicu kecemasan calon guru dan strategi yang digunakan untuk mengelola kecemasan dalam praktik mengajar selama program magang. Desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Penelitian ini dilakukan di jurusan Pendidikan Bahasa Inggris pada salah satu universitas swasta di Yogyakarta. Partisipan dalam penelitian ini adalah enam mahasiswa dari angkatan 2019. Peneliti mengumpulkan data melalui wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat delapan faktor yang memicu kecemasan calon guru dalam praktik mengajar selama program magang, yaitu kurangnya pengalaman mengajar, kurangnya persiapan, kurang percaya diri, ketidakbiasaan dengan lingkungan, perilaku siswa yang kurang baik, masalah keterampilan berbahasa, masalah teknis, dan masalah terkait dengan guru pamong. Sementara itu, ada enam strategi yang digunakan oleh calon guru untuk mengelola kecemasan, yaitu perencanaan, berpikir positif, tetap tenang, mengabaikan sumber kecemasan, membangun hubungan yang baik, dan menggunakan alih kode. Lembaga pelatihan guru direkomendasikan untuk meningkatkan kesadaran tentang masalah yang kemungkinan muncul selama praktik mengajar dan membantu mempersiapkan calon guru dengan strategi untuk menanganinya.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | pre-service teachers, anxiety, teaching practice, teaching anxiety |
Divisions: | Fakultas Pendidikan Bahasa > Pendidikan Bahasa Inggris S1 |
Depositing User: | Aidilla Qurotianti |
Date Deposited: | 08 Nov 2023 06:13 |
Last Modified: | 08 Nov 2023 06:13 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/40387 |