ROSLIANA MAHARDHIKA (2023) STRATEGI MANAJEMEN KOMPLAIN DALAM MENGHADAPIDUGAAN MALPRAKTEK DI ERA DIGITAL (LITERATURE REVIEW). S2 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
![]() |
Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf Download (232kB) |
![]() |
Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf Restricted to Registered users only Download (245kB) |
![]() |
Text (Abstrak)
Abstrak.pdf Restricted to Registered users only Download (34kB) |
![]() |
Text (Bab I)
Bab I.pdf Download (107kB) |
![]() |
Text (Bab II)
Bab II.pdf Restricted to Registered users only Download (66kB) |
![]() |
Text (Bab III)
Bab III.pdf Restricted to Registered users only Download (537kB) |
![]() |
Text (Bab IV)
Bab IV.pdf Restricted to Registered users only Download (39kB) |
![]() |
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (109kB) |
![]() |
Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf Restricted to Registered users only Download (445kB) |
![]() |
Text (Full Text)
Full Text.pdf Restricted to Repository staff only Download (988kB) |
Abstract
Menurut data Lembaga Bantuan Hukum Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Pusat, di Indonesia terdapat kurang lebih 210 kasus dugaan malpraktik. Kecelakaan medis telah menyebabkan cedera nyata pada pasien, sistem perawatan kesehatan, dan mengurangi kepercayaan antara pasien dan tenaga medis. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi strategi rumah sakit dalam menangani keluhan pasien akibat dugaan malpraktik di era digital. Studi ini melakukan penyusunan kajian literatur dengan teknik sistematik dalam pemilihan dan pencarian menggunakan database internasional dan nasional. Mengingat banyaknya keluhan yang masuk, maka penting bagi rumah sakit untuk membuat sistem penanganan keluhan dengan memperbaiki proses penanganan keluhan dengan menyiapkan sumber daya yang profesional dalam menangani keluhan tersebut. Upaya preventif juga diperlukan dengan meningkatkan kesadaran tentang keselamatan pasien, menerapkan prosedur pelayanan sesuai dengan SOP yang ada, dan mengisi dokumen dengan baik dan benar seperti meminta surat persetujuan tindakan dengan memberikan penjelasan tentang prosedur dan prognosis pengobatan.
Dosen Pembimbing: | Elsye Maria Rosa, Dr., S.K.M., M.Kes. | NIDN0329087001 |
---|---|
Item Type: | Thesis (S2) |
Uncontrolled Keywords: | malpractice, complaint handling strategy, digital age |
Divisions: | Pasca Sarjana > S2 Administrasi Rumah Sakit |
Depositing User: | Aidilla Qurotianti |
Date Deposited: | 08 Nov 2023 05:42 |
Last Modified: | 08 Nov 2023 05:42 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/40392 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |