NURFAIZAH (2023) TEACHER'S PERCEPTION ON THE USE OF ICE BREAKING IN ENGLISH TEACHING AND LEARNING PROCESS. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
Halaman Judul.pdf
Download (213kB)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only
Download (326kB)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only
Download (62kB)
Bab I.pdf
Download (100kB)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (168kB)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (110kB)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (159kB)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only
Download (65kB)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only
Download (111kB)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only
Download (108kB)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only
Download (160kB)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (636kB)
Abstract
Ice breaking merupakan kegiatan yang sering digunakan guru dalam pembelajaran bahasa Inggris yang memberikan dampak baik dalam pembelajaran, salah satunya untuk meningkatkan motivasi belajar siswa. Namun, dalam pelaksanaannya ice breaking masih memiliki beberapa tantangan. Penelitian ini menyelidiki persepsi guru tentang penggunaan ice breaking untuk mengetahui alasan mereka menggunakan ice breaking dalam pembelajaran bahasa Inggris, terutama persepsi mereka tentang tujuan dan tantangan dalam mengimplementasikan ice breaking. Dalam melakukan penelitian ini, peneliti menggunakan penelitian kualitatif. Wawancara digunakan untuk mengumpulkan data. Tiga guru bahasa Inggris sekolah dasar dari sebuah sekolah swasta di Yogyakarta dilibatkan sebagai partisipan dalam penelitian ini. Berdasarkan analisis data dari ketiga partisipan, peneliti menemukan tujuh tujuan guru menggunakan ice breaking dalam pembelajaran bahasa Inggris. Tujuan tersebut adalah menarik fokus siswa untuk belajar, mengurangi kebosanan siswa, meningkatkan motivasi siswa untuk belajar bahasa Inggris, menciptakan lingkungan belajar yang menyenangkan, menciptakan lingkungan belajar yang kondusif untuk mencapai tujuan pembelajaran, menstimulasi pikiran dan tubuh siswa, serta membangun hubungan dan komunikasi yang baik antara guru dan siswa. Peneliti juga menemukan enam tantangan dalam menggunakan ice breaking di kelas. Tantangan tersebut adalah mengembalikan fokus siswa, mengorganisir siswa dalam kelas besar, siswa yang tidak termotivasi dan malas, keterlibatan siswa yang sudah mahir dan memiliki motivasi diri dalam ice breaking, memberikan ice breaking yang inovatif untuk siswa, dan manajemen waktu.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Ice breaking, purpose of ice breaking, challenge of ice breaking |
Divisions: | Fakultas Pendidikan Bahasa > Pendidikan Bahasa Inggris S1 |
Depositing User: | Aidilla Qurotianti |
Date Deposited: | 08 Nov 2023 03:25 |
Last Modified: | 08 Nov 2023 03:25 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/40402 |