JULIA HASNA RAHMAWATI (2023) THE USE OF ELSA SPEAK AS AN AUTONOMOUS LEARNING PLATFORM IN PRONUNCIATION AMONG ENGLISH LANGUAGE EDUCATION DEPARTMENT STUDENTS. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
Halaman Judul.pdf
Download (305kB)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only
Download (58kB)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only
Download (17kB)
Bab I.pdf
Download (114kB)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (361kB)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (109kB)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (108kB)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only
Download (36kB)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only
Download (174kB)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only
Download (490kB)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only
Download (180kB)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (919kB)
Abstract
Saat ini, kebanyakan orang menggunakan smartphone untuk berkomunikasi satu sama lain. Berbagai aplikasi yang dapat digunakan untuk melatih bahasa untuk meningkatkan keterampilan tersedia bagi mereka, dan salah satunya adalah ELSA Speak. ELSA Speak adalah aplikasi belajar bahasa Inggris yang membantu siswa untuk berbicara bahasa Inggris dengan lebih lancar. Penelitian ini bertujuan, pertama, untuk menjelaskan fitur-fitur dalam ELSA Speak yang dianggap bermanfaat oleh siswa ELED untuk pembelajaran mandiri mereka dalam pengucapan. Kedua, untuk menjelaskan strategi yang digunakan oleh siswa ELED untuk belajar pengucapan secara mandiri menggunakan ELSA Speak. Sebagai temuan pertama berdasarkan pengumpulan data, terdapat tiga jenis fitur dalam ELSA Speak yang dirasakan oleh siswa ELED bermanfaat untuk pembelajaran mandiri mereka. Berbagai pelajaran dan level ini membantu peserta belajar pengucapan sesuai dengan tingkat kemampuan yang mereka pilih. Tipe kedua adalah fitur umpan balik instan yang sangat berguna untuk pembelajaran mandiri karena dilengkapi dengan umpan balik otomatis tentang pelafalan yang direkam. Kemudian, fitur APA Simbol akan mendeteksi hasil rekaman suara, apakah masih terdapat suara yang salah atau benar. Temuan kedua adalah strategi penentuan topik pembelajaran, menggunakan peserta untuk memilih topik yang mereka sukai agar pembelajaran lebih mudah diakses menggunakan ELSA Speak. Menentukan strategi alokasi waktu belajar, peserta mengatur waktu belajar dengan fitur alarm yang disediakan dalam ELSA Speak. Mengevaluasi strategi kinerja pembelajaran, para peserta mengetahui sejauh mana kemajuan mereka dalam belajar pelafalan bahasa Inggris secara mandiri.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | ELSA Speak, Pronunciation, Autonomous Learning |
Divisions: | Fakultas Pendidikan Bahasa > Pendidikan Bahasa Inggris S1 |
Depositing User: | Aidilla Qurotianti |
Date Deposited: | 08 Nov 2023 03:22 |
Last Modified: | 08 Nov 2023 03:22 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/40403 |