THE EFFECTIVENESS OF USING PODCASTS ON EFL LEARNERS' LISTENING COMPREHENSION

RIZQIYA C WANDA MAULIDINA (2023) THE EFFECTIVENESS OF USING PODCASTS ON EFL LEARNERS' LISTENING COMPREHENSION. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of Halaman Judul] Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf

Download (543kB)
[thumbnail of Lembar Pengesahan] Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only

Download (244kB)
[thumbnail of Abstrak] Text (Abstrak)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only

Download (72kB)
[thumbnail of Bab I] Text (Bab I)
Bab I.pdf

Download (152kB)
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (150kB)
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (218kB)
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (232kB)
[thumbnail of Bab V] Text (Bab V)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (131kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (111kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (197kB)
[thumbnail of Naskah Publikasi] Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (268kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Mendengarkan adalah keterampilan penting yang harus diperoleh siswa ketika belajar bahasa Inggris. Podcast adalah media populer untuk mendukung pembelajaran bahasa, khususnya kemampuan mendengarkan. Studi ini menyelidiki keefektifan podcast pada pemahaman mendengarkan siswa EFL. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain eksperimen semu. Penelitian ini termasuk kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Peneliti memanfaatkan audio Podcast pada kelompok eksperimen. Pada kelompok kontrol, peneliti menggunakan metode pengajaran konvensional, seperti penjelasan materi, untuk mengajar siswa. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Swasta Yogyakarta. Peneliti memilih partisipan melalui convenience sampling. Data yang diperoleh dari pre-test dan post-test untuk pemahaman mendengarkan kedua kelompok dianalisis menggunakan uji normalitas, uji homogenitas, dan statistik inferensial. Pada pre-test kelompok eksperimen (M=62.20, SD=13.24) dan kelompok kontrol (M=49.75, SD=15.50). Pada post-test kelompok eksperimen (M=76.00, SD=16.30) dan kelompok kontrol (M=60.88, SD=13.30). Hasilnya menunjukkan bahwa penggunaan Podcast lebih efektif daripada metode pembelajaran konvensional. Perbedaan antara kedua skor rata-rata ini secara statistik signifikan pada tingkat signifikansi 0,05, sebagaimana ditentukan oleh nilai uji-t. Nilai probabilitas lebih kecil dari tingkat signifikansi statistik (0,01<0,05). Dengan demikian, H1 diterima.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Podcasts, listening comprehension, experimental research, junior high school
Divisions: Fakultas Pendidikan Bahasa > Pendidikan Bahasa Inggris S1
Depositing User: Aidilla Qurotianti
Date Deposited: 08 Nov 2023 03:13
Last Modified: 08 Nov 2023 03:13
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/40406

Actions (login required)

View Item
View Item