RIZQIYA C WANDA MAULIDINA (2023) THE EFFECTIVENESS OF USING PODCASTS ON EFL LEARNERS' LISTENING COMPREHENSION. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
Halaman Judul.pdf
Download (543kB)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only
Download (244kB)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only
Download (72kB)
Bab I.pdf
Download (152kB)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (150kB)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (218kB)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (232kB)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only
Download (131kB)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only
Download (111kB)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only
Download (197kB)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only
Download (268kB)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
Abstract
Mendengarkan adalah keterampilan penting yang harus diperoleh siswa ketika belajar bahasa Inggris. Podcast adalah media populer untuk mendukung pembelajaran bahasa, khususnya kemampuan mendengarkan. Studi ini menyelidiki keefektifan podcast pada pemahaman mendengarkan siswa EFL. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain eksperimen semu. Penelitian ini termasuk kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Peneliti memanfaatkan audio Podcast pada kelompok eksperimen. Pada kelompok kontrol, peneliti menggunakan metode pengajaran konvensional, seperti penjelasan materi, untuk mengajar siswa. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Swasta Yogyakarta. Peneliti memilih partisipan melalui convenience sampling. Data yang diperoleh dari pre-test dan post-test untuk pemahaman mendengarkan kedua kelompok dianalisis menggunakan uji normalitas, uji homogenitas, dan statistik inferensial. Pada pre-test kelompok eksperimen (M=62.20, SD=13.24) dan kelompok kontrol (M=49.75, SD=15.50). Pada post-test kelompok eksperimen (M=76.00, SD=16.30) dan kelompok kontrol (M=60.88, SD=13.30). Hasilnya menunjukkan bahwa penggunaan Podcast lebih efektif daripada metode pembelajaran konvensional. Perbedaan antara kedua skor rata-rata ini secara statistik signifikan pada tingkat signifikansi 0,05, sebagaimana ditentukan oleh nilai uji-t. Nilai probabilitas lebih kecil dari tingkat signifikansi statistik (0,01<0,05). Dengan demikian, H1 diterima.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Podcasts, listening comprehension, experimental research, junior high school |
Divisions: | Fakultas Pendidikan Bahasa > Pendidikan Bahasa Inggris S1 |
Depositing User: | Aidilla Qurotianti |
Date Deposited: | 08 Nov 2023 03:13 |
Last Modified: | 08 Nov 2023 03:13 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/40406 |