THE EFFECTS OF EXTENSIVE READING ON STUDENT'S READING COMPREHENSION IN JUNIOR HIGH SCHOOL

MUHAMMAD HUMAM MAHBUBI (2023) THE EFFECTS OF EXTENSIVE READING ON STUDENT'S READING COMPREHENSION IN JUNIOR HIGH SCHOOL. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of Halaman Judul] Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf

Download (361kB)
[thumbnail of Lembar Pengesahan] Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only

Download (400kB)
[thumbnail of Abstrak] Text (Abstrak)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only

Download (113kB)
[thumbnail of Bab I] Text (Bab I)
Bab I.pdf

Download (144kB)
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (197kB)
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (179kB)
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (263kB)
[thumbnail of Bab V] Text (Bab V)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (128kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (130kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[thumbnail of Naskah Publikasi] Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (633kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Membaca ekstensif adalah metode yang mengharuskan siswa untuk membaca banyak bahan bacaan sesuai dengan kemampuan bahasanya (pemula, menengah, lanjutan) dan minatnya untuk mencapai pemahaman bacaan. Penelitian ini bertujuan untuk menyelidiki pemahaman membaca siswa SMP setelah menggunakan metode membaca ekstensif. Penelitian ini dilakukan di salah satu SMP di Garut dengan melibatkan 34 siswa kelas 8. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan desain penelitian kuantitatif pra-eksperimental. Pengumpulan data dilakukan melalui pre-test dan post-test menggunakan statistik deskriptif, normalitas, homogenitas, dan uji-t. Berdasarkan hasil pre-test dan post-test, hasil penelitian menunjukkan bahwa program membaca ekstensif berpengaruh terhadap pemahaman membaca. Nilai ratarata pretest adalah 7,17 (SD: 1,73), lalu terjadi pertumbuhan 1,96 pada nilai postest menjadi 9,13 (SD: 1,08). Peneliti menemukan bahwa nilai signifikansi adalah 0,00, lebih rendah dari 0,05 (0,00). Hasil ini menunjukan bahwa adanya kenaikan yang signifikan terhadap pemahaman membaca. Hal ini menunjukan bahwa Ha "Ada peningkatan yang signifikan dalam pemahaman membaca siswa dengan menggunakan metode membaca ekstensif" diterima.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Extensive reading, reading comprehension, junior high school, teaching method
Divisions: Fakultas Pendidikan Bahasa > Pendidikan Bahasa Inggris S1
Depositing User: Aidilla Qurotianti
Date Deposited: 08 Nov 2023 02:58
Last Modified: 08 Nov 2023 02:58
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/40409

Actions (login required)

View Item
View Item