HARUN NOOR ROCHMAN NUGRAHA N (2023) TEACHERS' PERCEPTIONS ON THE STUDENTS' PROBLEMS IN LEARNING GRAMMAR AND TEACHERS' STRATEGIES IN TEACHING GRAMMAR AT A SENIOR HIGH SCHOOL IN YOGYAKARTA. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
Halaman Judul.pdf
Download (177kB)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only
Download (261kB)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only
Download (58kB)
Bab I.pdf
Download (2MB)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (5MB)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (2MB)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (2MB)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only
Download (952kB)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only
Download (1MB)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only
Download (173kB)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only
Download (173kB)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (674kB)
Abstract
Dalam pengajaran dan pembelajaran tata bahasa Inggris di SMA, tidak jarang ditemukan siswa yang mengeluh bahwa belajar tata bahasa itu sulit. Juga umum bahwa guru menerapkan strategi mereka sendiri untuk membantu siswa mereka dalam belajar tata bahasa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui permasalahan siswa SMA dalam pembelajaran tata bahasa berdasarkan persepsi guru dan untuk mengeksplorasi strategi guru dalam mengajar tata bahasa. Penelitian ini dilakukan di dua SMA di Yogyakarta dengan melibatkan tiga partisipan guru bahasa Inggris. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan desain penelitian deskriptif kualitatif. Wawancara dilakukan untuk mengumpulkan data. Temuan menunjukkan bahwa guru menganggap ada empat masalah yang membuat siswa merasa sulit dalam belajar tata bahasa, yaitu kurangnya paparan bahasa Inggris siswa, kurangnya motivasi, pola pikir negatif, dan kurangnya kesadaran tata bahasa. Selain itu, temuan juga mengungkapkan tiga strategi yang digunakan guru, yaitu strategi Preview-view-review, permainan menggunakan kartu, dan peta pikiran. Oleh karena itu, guru harus lebih memperhatikan masalah khusus siswa dan menerapkan strategi yang sesuai selama pengajaran tata bahasa.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Student's problems, teaching strategies, learning grammar |
Divisions: | Fakultas Pendidikan Bahasa > Pendidikan Bahasa Inggris S1 |
Depositing User: | Aidilla Qurotianti |
Date Deposited: | 08 Nov 2023 01:58 |
Last Modified: | 08 Nov 2023 01:58 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/40413 |