THE EFFECTIVENESS OF TOTAL PHYSICAL RESPONSE METHOD TO IMPROVE ELEMENTARY SCHOOL STUDENTS ENGLISH VOCABULARY SIZE

SAFIRA MAULIDYA FIRDAUSI (2023) THE EFFECTIVENESS OF TOTAL PHYSICAL RESPONSE METHOD TO IMPROVE ELEMENTARY SCHOOL STUDENTS ENGLISH VOCABULARY SIZE. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of Halaman Judul] Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf

Download (409kB)
[thumbnail of Lembar Pengesahan] Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only

Download (266kB)
[thumbnail of Abstrak] Text (Abstrak)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only

Download (149kB)
[thumbnail of Bab I] Text (Bab I)
Bab I.pdf

Download (286kB)
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (308kB)
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (416kB)
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (628kB)
[thumbnail of Bab V] Text (Bab V)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (156kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (130kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[thumbnail of Naskah Publikasi] Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (661kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Total physical response adalah metode pembelajaran yang menggabungkan gaya belajar visual, audio, dan kinestetik. Dalam TPR, mahasiswa dituntut untuk berperan aktif dalam proses pembelajaran sehingga TPR tidak mengakibatkan stres belajar bagi siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ukuran kosakata pre-test dan post-test siswa ketika mengerjakan soal-soal kosakata bertema transportasi dan untuk mengetahui apakah ada perbedaan yang signifikan antara ukuran kosakata pre-test dan post-test di kelas empat sekolah dasar. Penelitian dilakukan di sekolah dasar di Banjarnegara, dan 35 siswa kelas IVA menjadi populasi dalam penelitian ini. Penelitian ini menggunakan desain kuantitatif dengan kuasi eksperimen. Peneliti menggunakan instrumen penelitian pre-test dan post-test untuk mengumpulkan data, yang kemudian dianalisis menggunakan SPSS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai rata-rata pre-test adalah 63,29 dan masuk dalam kategori cukup. Standar deviasi pre-test adalah 9,922. Artinya sebagian besar siswa sekolah dasar di Banjarnegara telah mendengar kosa kata yang diberikan oleh peneliti tetapi perlu mempelajari artinya. Sedangankan, rata-rata nilai post-test adalah 74,14 termasuk dalam kategori baik dengan standar deviasi 9,962. Hal ini menunjukkan bahwa sebagian besar siswa sekolah dasar di Banjarnegara dapat memahami dengan baik arti dari kosa kata yang diberikan oleh peneliti. Dalam menganalisis data uji beda, peneliti menggunakan paired sample t-test dan mendapatkan hasil P-value adalah 0,00. Artinya jika P-value adalah 0,00kurangdaru0,05 sehingga H1 diterima. Jadi, terdapat perbedaan yang signifikan antara ukuran kosa kata siswa pada pre-test dan post-test. Kesimpulannya, TPR efektif dalam meningkatkan penguasaan kosakata bahasa Inggris pada siswa sekolah dasar di Banjarnegara.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Total Physical Response, Vocabulary Size, English learning method
Divisions: Fakultas Pendidikan Bahasa > Pendidikan Bahasa Inggris S1
Depositing User: Aidilla Qurotianti
Date Deposited: 07 Nov 2023 07:30
Last Modified: 07 Nov 2023 07:30
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/40422

Actions (login required)

View Item
View Item