RIZKI RINDIANI (2023) THE EFFECTIVENESS OF ENGLISH PODCAST ON SENIOR HIGH SCHOOL STUDENTS' ENGLISH LISTENING SKILLS. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
Halaman Judul.pdf
Download (243kB)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only
Download (239kB)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only
Download (68kB)
Bab I.pdf
Download (136kB)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (135kB)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (162kB)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (146kB)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only
Download (71kB)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only
Download (125kB)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only
Download (164kB)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only
Download (207kB)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (843kB)
Abstract
Podcast digunakan sebagai sumber belajar tambahan untuk membantu siswa memiliki pemahaman yang lebih tinggi tentang topik dan meningkatkan keterampilan mendengarkan mereka. Penelitian ini menyelidiki Efektivitas Podcast Bahasa Inggris terhadap Keterampilan Mendengarkan Bahasa Inggris Siswa Sekolah Menengah Atas. Peneliti ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Sampel yang digunakan adalah 31 siswa SMA di salah satu sekolah di Yogyakarta. Penelitian ini memberikan perlakuan sebanyak tiga kali dengan menggunakan podcast untuk mengajarkan keterampilan menyimak. Hasil penelitian menunjukkan perbedaan yang signifikan antara skor rata-rata pre-test sebesar 44,84 dan skor rata-rata post-test sebesar 57,74. Keterampilan menyimak pada siswa setelah menggunakan podcast mengalami peningkatan. Selain itu, hasil nilai ? value sebesar 0,000, nilai ? value 2-tailed signifikan sebesar 0,000 yang lebih kecil dari 0,05 (0,000 kurangdari 0,05), berarti penelitian ini signifikan. Artinya, terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil pre-test dan post-test, dan terdapat perubahan yang cukup besar dari hasil tes yang telah dilakukan. Kesimpulannya, hipotesis alternatif (H1) dapat diterima, dan hipotesis nol dapat ditolak jika signifikansi lebih kecil dari atau 0,05. Nilai signifikansi untuk data tersebut adalah 0,000 yang berarti hipotesis dapat diterima. Hal ini berarti terdapat perubahan yang cukup besar dari hasil uji coba yang telah dilakukan. Podcast merupakan materi pelajaran yang menarik bagi siswa yang dapat meningkatkan pengetahuan dan kemampuan listening skill mereka. Siswa lebih mudah memahami dan mengaplikasikan podcast untuk pembelajaran bahasa Inggris di kelas, khususnya listening skill. Hal ini membuktikan bahwa penggunaan podcast dalam kegiatan pembelajaran efektif untuk pembelajaran listening bahasa Inggris.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Podcast, listening skills, language learning |
Divisions: | Fakultas Pendidikan Bahasa > Pendidikan Bahasa Inggris S1 |
Depositing User: | Aidilla Qurotianti |
Date Deposited: | 07 Nov 2023 07:29 |
Last Modified: | 07 Nov 2023 07:29 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/40423 |