THE USE OF TIKTOK AS A LEARNING MEDIUM AMONG NON-NATIVE SPEAKERS OF ENGLISH

WULAN RACHMAWATI (2023) THE USE OF TIKTOK AS A LEARNING MEDIUM AMONG NON-NATIVE SPEAKERS OF ENGLISH. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of Halaman Judul] Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf

Download (556kB)
[thumbnail of Lembar Pengesahan] Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only

Download (399kB)
[thumbnail of Abstrak] Text (Abstrak)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only

Download (73kB)
[thumbnail of Bab I] Text (Bab I)
Bab I.pdf

Download (91kB)
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (208kB)
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (111kB)
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (154kB)
[thumbnail of Bab V] Text (Bab V)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (75kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (79kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (6kB)
[thumbnail of Naskah Publikasi] Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (325kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Saat ini, banyak orang menggunakan media sosial untuk berbagai keperluan termasuk sebagai alat pemerolehan bahasa. Salah satunya adalah TikTok yang memiliki banyak pengguna dan beragam konten. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi keuntungan menggunakan TikTok sebagai media pembelajaran di kalangan penutur asing bahasa Inggris dan untuk menyelidiki strategi yang digunakan oleh siswa menggunakan TikTok untuk meningkatkan keterampilan bahasa Inggris. Penelitian ini mengadopsi desain kualitatif untuk mengeksplorasi persepsi partisipan. Data dalam penelitian ini diperoleh melalui wawancara dengan mahasiswa Jurusan Pendidikan Bahasa Inggris, Jurusan Komunikasi Penyiaran Islam, Jurusan Agroteknologi, dan Jurusan Pendidikan Bahasa Arab, khususnya angkatan 2018 di dua universitas swasta di Yogyakarta, yang menggunakan TikTok untuk meningkatkan kemampuan bahasa Inggris mereka. Peneliti menemukan bahwa ada tiga keuntungan menggunakan TikTok yaitu meningkatkan keterampilan makro dan mikro bahasa Inggris siswa, menumbuhkan minat siswa, dan memberi siswa kesempatan untuk mempelajari berbagai konten bahasa Inggris. Selain itu, ada tiga strategi yang digunakan siswa dalam meningkatkan kemampuan bahasa Inggris saat menggunakan TikTok yaitu menonton konten berbasis bahasa Inggris, menonton ulang konten untuk meningkatkan kosa kata, dan memaksimalkan fitur duet dan hashtag.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: social media, TikTok, the advantages, the strategies
Divisions: Fakultas Pendidikan Bahasa > Pendidikan Bahasa Inggris S1
Depositing User: Aidilla Qurotianti
Date Deposited: 07 Nov 2023 07:16
Last Modified: 07 Nov 2023 07:16
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/40428

Actions (login required)

View Item
View Item