STUDENTS' PERCEPTION ON GROUP DISCUSSION CHALLENGES IN SUPPORTING STUDENTS' ENGLISH COMMUNICATION IN EFL CLASSROOM

WA ODE MU'MINATUN JAATSIYAH (2023) STUDENTS' PERCEPTION ON GROUP DISCUSSION CHALLENGES IN SUPPORTING STUDENTS' ENGLISH COMMUNICATION IN EFL CLASSROOM. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of Halaman Judul] Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf

Download (288kB)
[thumbnail of Lembar Pengesahan] Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only

Download (127kB)
[thumbnail of Abstrak] Text (Abstrak)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only

Download (81kB)
[thumbnail of Bab I] Text (Bab I)
Bab I.pdf

Download (103kB)
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (126kB)
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (137kB)
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (139kB)
[thumbnail of Bab V] Text (Bab V)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (33kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (161kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (132kB)
[thumbnail of Naskah Publikasi] Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (303kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (831kB)

Abstract

Salah satu metode untuk mengembangkan keterampilan komunikasi siswa adalah diskusi kelompok. Metode diskusi ini dapat meningkatkan partisipasi siswa dalam proses pembelajaran dengan meningkatkan keterampilan berbicara mereka dengan mengungkapkan ide, pendapat, dan saran mereka. Selain manfaat metode diskusi kelompok, siswa menghadapi tantangan ketika menggunakan diskusi kelompok. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui persepsi siswa tentang tantangan menggunakan diskusi kelompok untuk mendukung keterampilan komunikasi bahasa Inggris mereka. Penelitian dilakukan di salah satu SMA Swasta Islam di Yogyakarta dengan melibatkan enam siswa kelas XII. Pemilihan peserta didasarkan pada kriteria dan rekomendasi dari guru. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan deskriptif kualitatif. Peneliti menggunakan wawancara untuk mengumpulkan data partisipan. Peneliti menggunakan pengkodean terbuka, analitik, aksial, dan selektif untuk menganalisis data. Penelitian ini menemukan bahwa siswa menghadapi lima tantangan ketika menggunakan diskusi kelompok untuk mendukung keterampilan komunikasi mereka. Mereka terdiri dari kurangnya rasa percaya diri, takut membuat kesalahan, masalah bahasa, kurangnya kontribusi anggota, dan kesulitan dalam mengambil keputusan.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Group discussion, communication, challenges
Divisions: Fakultas Pendidikan Bahasa > Pendidikan Bahasa Inggris S1
Depositing User: Aidilla Qurotianti
Date Deposited: 07 Nov 2023 06:40
Last Modified: 07 Nov 2023 06:40
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/40441

Actions (login required)

View Item
View Item