FIRDALISTA NUR ATSILAH (2023) FARMER'S SHARE BERAS ORGANIK GAPOKTAN SIDOMULYO KECAMATAN GODEAN, KABUPATEN SLEMAN DI PASAR ONLINE TOKOPEDIA. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
Halaman Judul.pdf
Download (1MB)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only
Download (103kB)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only
Download (189kB)
Bab I.pdf
Download (194kB)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (218kB)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (322kB)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (175kB)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only
Download (361kB)
Bab VI.pdf
Restricted to Registered users only
Download (108kB)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only
Download (234kB)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only
Download (144kB)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only
Download (759kB)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (2MB)
Abstract
Kebutuhan beras yang besar menjadikan produksi beras ditingkatkan dengan penggunaan teknologi modern. Perkembangan teknologi saat ini telah mengalami kemajuan pesat, sehingga internet seringkali dijadikan akses untuk jual beli produk pertanian termasuk beras organik. Beras organik merupakan beras yang dihasilkan dengan proses organik tanpa menggunakan pupuk dan pestisida kimia. Efisiensi pemasaran beras organik ditentukan oleh besarnya margin pemasaran, bagian harga yang diterima oleh produsen atau disebut farmer's share. Maka dari itu, untuk melihat perbandingan harga yang terjadi sudah efisien atau belum diperlukan perhitungan farmer's share yang tepat. Metode penelitian ini menggunakan metode deskriptif dan metode penelitian kuantitatif. Penentuan lokasi penelitian dilakukan secara purposive. Pasar online yang diteliti adalah Tokopedia. Pengambilan sampel dilakukan dengan mencari pedagang beras organik di platform online yang sudah ditentukan. Pencarian dilakukan dengan cara mencari kata kunci �Beras Organik Sidomulyo� atau beras organik merk H, merk M, dan merk Mt pada platform online Tokopedia. Hasil penelitian menunjukkan bahwa saluran pemasaran Gapoktan Sidomulyo dengan melalui pedagang di aplikasi Tokpedia yang menjual beras organik merk Sidomulyo belum efisien. Margin beras organik kemasan ulang (merk M, merk H, dan merk Mt) selalu lebih tinggi dibandingkan margin merk Sidomulyo. Hal ini dapat disebabkan oleh kinerja pedagang merk Sidomulyo yang kurang maksimal dan kurangnya promosi Gapoktan Sidomulyo di berbagai sosial media. Farmer's share merk Sidomulyo untuk beberapa varian dan ukuran sudah dapat dikatakan efisien karena farmer's share ?40%. Varian dan ukuran tersebut adalah varian pandan wangi ukuran 2 kg, varian merah ukuran 5 kg, varian mentik susu ukuran 5 kg, dan varian ciherang ukuran 5 kg.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Organic Rice, Online, Farmer's Share, Marketing Efficiency |
Divisions: | Fakultas Pertanian > Agribisnis S1 |
Depositing User: | Aidilla Qurotianti |
Date Deposited: | 07 Nov 2023 05:59 |
Last Modified: | 07 Nov 2023 05:59 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/40460 |