KAJIAN PERMAINAN EDUKASI BERBASIS TEKNOLOGI UNTUK PEMBELAJARAN MAHARAH ISTIMA WA KALAM

KANIA LUTHFIANI (2023) KAJIAN PERMAINAN EDUKASI BERBASIS TEKNOLOGI UNTUK PEMBELAJARAN MAHARAH ISTIMA WA KALAM. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of Halaman Judul] Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf

Download (5MB)
[thumbnail of Lembar Pengesahan] Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only

Download (61kB)
[thumbnail of Abstrak] Text (Abstrak)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only

Download (777kB)
[thumbnail of Bab I] Text (Bab I)
Bab I.pdf

Download (829kB)
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB)
[thumbnail of Bab V] Text (Bab V)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (667kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (703kB)
[thumbnail of Naskah Publikasi] Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (929kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (16MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui permainan edukasi berbasis teknologi (online) untuk pembelajaran keterampilan mendengarkan dan berbicara. Permainan edukasi merupakan permainan yang sengaja dirancang untuk proses pembelajaran yang dapat meningkatkan ketertarikan siswa agar siswa turut aktif dalam proses pembelajaran. Kesulitan atau permasalahan umum yang sering terjadi dalam proses pembelajaran bahasa arab yakni proses pembelajaran di dalam kelas terlalu monoton atau kurang menarik sehingga siswa mudah cepat bosan. Didukung dengan adanya permainan edukasi bahasa akan sangat membantu untuk meningkatkan motivasi belajar siswa dalam pembelajaran bahasa Arab.Penelitian ini menggunakan metode kepustakaan (Library Research). Peneliti memperoleh data melalui buku, jurnal, artikel-artikel yang terkait dengan penelitian. Penelitian ini menganalisis data dengan cara mendeskripsikan hasil yang di peroleh.Adapun hasil dari penelitian adalah bahwa saat ini sudah banyak sekali aplikasi atau platform edukasi bahasa yang menunjang proses pembalajaran sesuai dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi saat ini. Di era digitalisasi saat ini, pendidik di tuntut untuk bisa mengoperasikan teknologi pendidikan yang tersedia sehingga pembelajaran bisa lebih mudah dan menarik tidak hanya monoton sehingga peserta didik merasa bosan dan jenuh. Oleh karena itu maka disediakan permainan edukasi berbasis teknologi (online) untuk pembelajaran keterampilan mendengarkan dan berbicara.Permainan edukasi bahasa yangg digunakan dalam pembelajaran bahasa Arab antara lain yaitu Kahoot, Quizizz, Edpuzzle, Quizalize, Luvlingua, Busuu, Mondly, Memrise, Fun Easy Learn Dan Rosetta Stone.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Educational Games, Listening skills, Speaking Skills
Divisions: Fakultas Pendidikan Bahasa > Pendidikan Bahasa Arab S1
Depositing User: Aidilla Qurotianti
Date Deposited: 07 Nov 2023 02:55
Last Modified: 07 Nov 2023 02:55
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/40494

Actions (login required)

View Item
View Item