MUJAHIDIN SUBKHI (2023) MOTIF FOLLOWERS DALAM MENGAKSES AKUN INSTAGRAM @CAFEPEDIAJOGJA. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
Halaman Judul.pdf
Download (701kB)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only
Download (235kB)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only
Download (11kB)
Bab I.pdf
Download (524kB)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (578kB)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (454kB)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (17kB)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only
Download (77kB)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only
Download (780kB)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only
Download (3MB)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (3MB)
Abstract
Penelitian ini memiliki tujuan untuk mencari motif followers dalam mengakses Instagram @cafepediajogja. Cafepediajogja merupakan salah satu akun sosial media referensi kafe yang terdapat di Yogyakarta. Cafepediajogja telah bergabung dengan Instagram sejak 2021 ini aktif membagikan kafe-kafe yang terdapat di Yogyakarta kepada masyarakat luas khususnya followers akunnya. Penelitian ini menerapkan pendekatan kuantitatif, dan populasi yang dipilih adalah pengikut dari akun Instagram @cafepediajogja. Sampel dalam penelitian ini adalah followers @cafepediajogja sebanyak 400 orang dari populasi followers sebesar 49.100. Teori Whitting and Williams menyebutkan terdapat sepuluh motif penggunaan media baru untuk melihat motif dari followers dan dari hasil uji validitas dalam penelitian ini menjadi empat motif. Motif tersebut ialah motif interaksi sosial, motif pencarian informasi, motif menghabiskan waktu, dan motif berbagi informasi. Hasil dari penelitian menunjukan bahwa motif tertinggi followers @cafepediajogja merupakan motif pencarian informasi dengan nilai tertinggi sebesar 84,5%. Hasil dari uji t (one sample paired t-test) dalam penelitian ini mendapatkan hasil bahwa Ho ditolak dan Ha diterima, yang artinya terdapat perbedaan motif yang mendorong followers dalam mengakses akun Instagram tersebut. Motif paling tinggi yaitu motif pencarian informasi merupakan motif yang paling kuat mempengaruhi followers untuk mengakses akun Instagram @cafepediajogja, selanjutnya motif berbagi informasi, motif menghabiskan waktu, dan motif interaksi sosial.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Motive, Social Media, Instagram, Cafe Reference, followers |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Politik > Ilmu Komunikasi S1 |
Depositing User: | Aidilla Qurotianti |
Date Deposited: | 07 Nov 2023 01:55 |
Last Modified: | 07 Nov 2023 01:55 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/40536 |