MOTIF FOLLOWERS DALAM MENGAKSES AKUN INSTAGRAM @CAFEPEDIAJOGJA

MUJAHIDIN SUBKHI (2023) MOTIF FOLLOWERS DALAM MENGAKSES AKUN INSTAGRAM @CAFEPEDIAJOGJA. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of Halaman Judul] Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf

Download (701kB)
[thumbnail of Lembar Pengesahan] Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only

Download (235kB)
[thumbnail of Abstrak] Text (Abstrak)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only

Download (11kB)
[thumbnail of Bab I] Text (Bab I)
Bab I.pdf

Download (524kB)
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (578kB)
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (454kB)
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (17kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (77kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (780kB)
[thumbnail of Naskah Publikasi] Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini memiliki tujuan untuk mencari motif followers dalam mengakses Instagram @cafepediajogja. Cafepediajogja merupakan salah satu akun sosial media referensi kafe yang terdapat di Yogyakarta. Cafepediajogja telah bergabung dengan Instagram sejak 2021 ini aktif membagikan kafe-kafe yang terdapat di Yogyakarta kepada masyarakat luas khususnya followers akunnya. Penelitian ini menerapkan pendekatan kuantitatif, dan populasi yang dipilih adalah pengikut dari akun Instagram @cafepediajogja. Sampel dalam penelitian ini adalah followers @cafepediajogja sebanyak 400 orang dari populasi followers sebesar 49.100. Teori Whitting and Williams menyebutkan terdapat sepuluh motif penggunaan media baru untuk melihat motif dari followers dan dari hasil uji validitas dalam penelitian ini menjadi empat motif. Motif tersebut ialah motif interaksi sosial, motif pencarian informasi, motif menghabiskan waktu, dan motif berbagi informasi. Hasil dari penelitian menunjukan bahwa motif tertinggi followers @cafepediajogja merupakan motif pencarian informasi dengan nilai tertinggi sebesar 84,5%. Hasil dari uji t (one sample paired t-test) dalam penelitian ini mendapatkan hasil bahwa Ho ditolak dan Ha diterima, yang artinya terdapat perbedaan motif yang mendorong followers dalam mengakses akun Instagram tersebut. Motif paling tinggi yaitu motif pencarian informasi merupakan motif yang paling kuat mempengaruhi followers untuk mengakses akun Instagram @cafepediajogja, selanjutnya motif berbagi informasi, motif menghabiskan waktu, dan motif interaksi sosial.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Motive, Social Media, Instagram, Cafe Reference, followers
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Politik > Ilmu Komunikasi S1
Depositing User: Aidilla Qurotianti
Date Deposited: 07 Nov 2023 01:55
Last Modified: 07 Nov 2023 01:55
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/40536

Actions (login required)

View Item
View Item