Mutiara Ayu Hasnia (2021) Building Teacher Professional Development: A Case Study of Two Secondary School Principals. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
Halaman Judul.pdf
Download (569kB)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only
Download (195kB)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only
Download (280kB)
Bab I.pdf
Download (2MB)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (5MB)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (2MB)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (9MB)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only
Download (996kB)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only
Download (1MB)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only
Download (3MB)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only
Download (391kB)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (882kB)
Abstract
<p>Pengembangan Profesi Guru (TPD) dapat disebut sebagai cara seorang guru mengembangkan keterampilan, pengetahuan, dan kompetensi individu. Agar kegiatan TPD ini berjalan dengan baik, diperlukan strategi kepala sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pendapat kepala sekolah tentang pengembangan profesional guru di sekolahnya, strategi mereka dalam mendukung pengembangan profesional guru di kalangan guru, dan kendala yang mereka hadapi saat menerapkan strategi tersebut. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dan menggunakan desain penelitian studi kasus. Dua kepala sekolah dari dua sekolah menengah dilibatkan sebagai peserta, dan wawancara individu serta analisis dokumen digunakan untuk mengumpulkan data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendapat kepala sekolah tentang TPD adalah; 1) guru harus memiliki kemauan untuk berubah, 2) guru harus mengembangkan kompetensinya secara berkelanjutan, dan 3) guru harus mampu melakukan kegiatan akademik. Selanjutnya, strategi kepala sekolah dalam mendukung TPD adalah; 1) membangun hubungan baik dengan pemangku kepentingan sekolah, 2) menganalisis kebutuhan guru, 3) menugaskan guru untuk mengikuti pelatihan dan seminar, 4) menugaskan guru untuk melakukan penelitian, 5) memantau dan mengevaluasi melalui supervisi, 6) menugaskan guru untuk melanjutkan studi, 7) mengalokasikan anggaran, dan 8) meningkatkan motivasi guru. Terakhir, kendala kepala sekolah dalam melaksanakan strategi berasal dari individu guru.</p>
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Divisions: | Fakultas Pendidikan Bahasa > Pendidikan Bahasa Inggris S1 |
Depositing User: | Unnamed user with email robi@umy.ac.id |
Date Deposited: | 17 Dec 2021 02:22 |
Last Modified: | 17 Dec 2021 02:22 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/4061 |