ALDI SATRIA PERDANA (2023) PERLINDUNGAN HUKUM BAGI KONSUMEN PADA TRANSAKSI JUAL BELI ONLINE (STUDI KASUS WANPRESTASI DI TOKOPEDIA). S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
Halaman Judul.pdf
Download (993kB)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only
Download (238kB)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only
Download (99kB)
Bab I.pdf
Download (164kB)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (299kB)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (110kB)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (291kB)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only
Download (52kB)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only
Download (173kB)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only
Download (461kB)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only
Download (459kB)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (2MB)
Abstract
Penelitian ini berjudul Perlindungan Hukum Bagi Konsumen Pada Transaksi Jual Beli Online (Studi Kasus Wanprestasi Di Tokopedia). Meskipun telah terdapat aturan mengenai perlindungan konsumen di Indonesia, namun aturan tersebut dirasa belum bisa memberikan perlindungan secara maksimal kepada konsumen dan pelaku usaha yang melakukan transaksi jual beli secara online. Aturan tersebut masih mempunyai kelemahan dibeberapa hal seperti seringkali dalam melakukan transaksi secara elektronik pihak pelaku usaha maupun konsumen selaku penjual dan pembeli sering dirugikan oleh pihak-pihak tertentu yang terkait dalam transaksi tersebut. Penelitian yang dilakukan bertujuan agar pihak konsumen mengetahui upaya apa yang bisa dilakukan jika haknya yang telah diatur oleh undang-undang tidak terpenuhi, serta bagaimana perlindungan yang diberikan oleh platform penyedia layanan jual beli secara online atau e-commerce. Penelitian yang dilakukan oleh penulis merupakan penelitian yang bersifat normatif yang menggunakan pendekatan perundang-undangan atau Statutory approach dan pendekatan kasus atau Case approach. Hasil yang didapat setelah melakukan penelitian ditemukan bahwa pengguna transaksi jual beli secara online atau e-commerce masih banyak yang belum teredukasi mengenai upaya apa yang dapat dilakukan jika barang yang dikirim tidak sesuai. Konsumen juga belum memahami apasaja yang menjadi hak dan kewajibannya dalam bertransaksi serta kehati-hatian dan ketelitian konsumen dalam melakukan transaksi sangat dibutuhkan karena seringkali terdapat itikad tidak baik yang dilakukan oleh pihak produsen atau pelaku usaha selaku penjual.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Consumer Protection, Consumers, Business Actors |
Divisions: | Fakultas Hukum > Hukum S1 |
Depositing User: | Aidilla Qurotianti |
Date Deposited: | 06 Nov 2023 06:29 |
Last Modified: | 06 Nov 2023 06:29 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/40613 |