SAFIRA HIKMAH LESTARI (2023) PENGARUH MOTIF MENGAKSES AKUN INSTAGRAM @UMYOGYA TERHADAP KEPUASAN MENDAPATKAN INFORMASI PADA FOLLOWERS. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
Halaman Judul.pdf
Download (316kB)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only
Download (256kB)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only
Download (188kB)
Bab I.pdf
Download (984kB)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (441kB)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (649kB)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (186kB)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only
Download (408kB)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only
Download (213kB)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only
Download (895kB)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
Abstract
Media sosial telah berkembang pesat dalam popularitas masyarakat. Perkembangan inilah yang memudahkan penggunanya dalam berkomunikasi, berpartisipasi, hingga mempublikasikan konten atau informasi. Salah satu platform media sosial yang popular adalah Instagram. Instagram merupakan salah satu media sosial yang banyak diminati karena dapat digunakan sebagai sumber informasi bagi masyarakat. @umyogya merupakan salah satu akun yang menyebarkan informasi mengenai perkuliahan di Univeritas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) yang dibuat oleh pihak Universitas Muhammadiyah Yogyakarta. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui berapa besar pengaruh motif mengakses akun Instagram @umyogya terhadap kepuasan mendapatkan informasi followersnya. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori uses and gratification. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif dengan jenis penelitian eksplanatif, dimana peneliti menggunakan kuisioner sebagai teknik pengumpulan datanya dan kuisioner tersebut akan disebarkan secara online dan offline atau secara langsung kepada responden. Sampel dalam penelitian ini adalah followers akun @umyogya yang berkuliah di Universitas Muhammadiyah Yogyakarta, dengan jumlah anggota sampel sebanyak 400 followers. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa motif menggunakan media sosial Instagram berpengaruh positif terhadap kepuasan mendapatkan informasi bagi followers @umyogya. Diketahui nilai R Squere yang diperoleh sebesar 0,510 atau setara dengan 51% yang berarti motif dari Mcquail mempengaruhi kepuasan sebesar 51%, sedangkan 49% dipengaruhi oleh motif lain yang tidak terdapat dalam penelitian ini.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Social Media, Instagram, Motives, Information Satisfaction |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Politik > Ilmu Komunikasi S1 |
Depositing User: | Aidilla Qurotianti |
Date Deposited: | 06 Nov 2023 06:05 |
Last Modified: | 06 Nov 2023 06:05 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/40616 |