PENGARUH MOTIF MENGAKSES AKUN INSTAGRAM @UMYOGYA TERHADAP KEPUASAN MENDAPATKAN INFORMASI PADA FOLLOWERS

SAFIRA HIKMAH LESTARI (2023) PENGARUH MOTIF MENGAKSES AKUN INSTAGRAM @UMYOGYA TERHADAP KEPUASAN MENDAPATKAN INFORMASI PADA FOLLOWERS. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of Halaman Judul] Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf

Download (316kB)
[thumbnail of Lembar Pengesahan] Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only

Download (256kB)
[thumbnail of Abstrak] Text (Abstrak)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only

Download (188kB)
[thumbnail of Bab I] Text (Bab I)
Bab I.pdf

Download (984kB)
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (441kB)
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (649kB)
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (186kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (408kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (213kB)
[thumbnail of Naskah Publikasi] Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (895kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Media sosial telah berkembang pesat dalam popularitas masyarakat. Perkembangan inilah yang memudahkan penggunanya dalam berkomunikasi, berpartisipasi, hingga mempublikasikan konten atau informasi. Salah satu platform media sosial yang popular adalah Instagram. Instagram merupakan salah satu media sosial yang banyak diminati karena dapat digunakan sebagai sumber informasi bagi masyarakat. @umyogya merupakan salah satu akun yang menyebarkan informasi mengenai perkuliahan di Univeritas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) yang dibuat oleh pihak Universitas Muhammadiyah Yogyakarta. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui berapa besar pengaruh motif mengakses akun Instagram @umyogya terhadap kepuasan mendapatkan informasi followersnya. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori uses and gratification. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif dengan jenis penelitian eksplanatif, dimana peneliti menggunakan kuisioner sebagai teknik pengumpulan datanya dan kuisioner tersebut akan disebarkan secara online dan offline atau secara langsung kepada responden. Sampel dalam penelitian ini adalah followers akun @umyogya yang berkuliah di Universitas Muhammadiyah Yogyakarta, dengan jumlah anggota sampel sebanyak 400 followers. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa motif menggunakan media sosial Instagram berpengaruh positif terhadap kepuasan mendapatkan informasi bagi followers @umyogya. Diketahui nilai R Squere yang diperoleh sebesar 0,510 atau setara dengan 51% yang berarti motif dari Mcquail mempengaruhi kepuasan sebesar 51%, sedangkan 49% dipengaruhi oleh motif lain yang tidak terdapat dalam penelitian ini.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Social Media, Instagram, Motives, Information Satisfaction
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Politik > Ilmu Komunikasi S1
Depositing User: Aidilla Qurotianti
Date Deposited: 06 Nov 2023 06:05
Last Modified: 06 Nov 2023 06:05
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/40616

Actions (login required)

View Item
View Item