INDAH NURSALMA ISLAMAWATI (2023) MOTIF MENGAKSES AKUN INSTAGRAM @CURHATANMAHASISWA.ID DI KALANGAN FOLLOWERS. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
Halaman Judul.pdf
Download (918kB)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only
Download (224kB)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only
Download (154kB)
Bab I.pdf
Download (718kB)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (924kB)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (674kB)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (66kB)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only
Download (155kB)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only
Download (1MB)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only
Download (340kB)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (4MB)
Abstract
Perkembangan teknologi komunikasi saat ini diwarnai dengan perkembangan internet dengan platform media sosial. Masyarakat dapat dengan mudah mencari dan menyebarkan informasi melalui media sosial. Media sosial memiliki pengaruh yang besar terhadap masyarakat, tanpa memandang usia, jenis kelamin, dan asal usul penggunanya. Namun saat ini, pengguna media sosial banyak didominasi oleh anak muda dan remaja. Saat menggunakan media sosial, setiap individu memiliki motif tertentu untuk berprestasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui motif pengaksesan akun Instagram @curhatanmahasiswa.id di kalangan followers mereka. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode survey dengan teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner yang disebarkan kepada responden secara online. Sampel penelitian ini adalah followers @curhatanmahasiswa.id dengan jumlah sampel sebanyak 400 followers. Dari hasil kajian diketahui bahwa motif mengakses akun @curhatanmahasiswa.id sangat membantu mahasiswa dalam menyampaikan ide atau cerita seputar dunia perkuliahan. Perbedaan mean tiap motif adalah sebagai berikut: motif interaksi sosial ( 7.983), motif pencarian informasi ( 6.390), motif menghabiskan waktu (8.655), motif hiburan (3.060), motif relaksasi ( 5.518), motif mengekspresikan pendapat ( 5.470), motif kegunaan kenyamanan ( 6.323), motif berbagi informasi ( 6.018), motif pengawasan pengetahuan orang lain ( 2.718).
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | New Media, Social Media, Uses and Gratifications Theory |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Politik > Ilmu Komunikasi S1 |
Depositing User: | Aidilla Qurotianti |
Date Deposited: | 06 Nov 2023 06:02 |
Last Modified: | 06 Nov 2023 06:02 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/40617 |