MUHAMMAD ARRASY J ISKANDAR (2023) PENGEMBANGAN BUKU MATERI AJAR LOGIKA PEMROGRAMAN UNTUK SISWA TINGKAT SEKOLAH MENENGAH PERTAMA (SMP) MENGGUNAKAN SCRATCH. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
Halaman Judul.pdf
Download (394kB)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only
Download (1MB)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only
Download (78kB)
Bab I.pdf
Download (90kB)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (245kB)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (145kB)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (154kB)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only
Download (34kB)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only
Download (99kB)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only
Download (3MB)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only
Download (285kB)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (4MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan sebuah buku materi ajar berjudul “Pengenalan Logika Pemrograman Menggunakan Scratch” yang disesuaikan untuk pembelajaran, khususnya siswa tingkat Sekolah Menengah Pertama (SMP) dengan menggunakan Scratch sebagai media. Scratch merupakan perangkat lunak sekaligus bahasa pemrograman yang dirancang untuk memperkenalkan konsep pemograman komputer secara sederhana melalui penyusunan blok-blok menjadi sebuah perintah, sehingga dapat digunakan oleh siapapun. Penelitian ini didasari oleh pentingnya penguasaan konsep logika pemrograman yang dimulai sejak dini sebagai dasar dalam memahami pemrograman komputer. Metode pengembangan yang digunakan adalah Research and Development (R&D). Langkah awal melibatkan analisis kebutuhan dan karakteristik siswa SMP dalam mempelajari logika pemrograman serta studi terkait materi dan kurikulum. Selanjutnya, desain dan pengembangan buku materi ajar dilakukan berdasarkan hasil analisis, dengan mempertimbangkan pendekatan pembelajaran yang sesuai dan metode penyajian yang menarik. Buku materi ajar yang dikembangkan mencakup konsep-konsep logika pemrograman dasar seperti pengenalan algoritma dan flowchart. Selain itu, konten buku juga memanfaatkan Scratch sebagai media pembelajaran yang interaktif dan menyenangkan bagi siswa. Penggunaan Scratch diharapkan dapat meningkatkan minat dan motivasi siswa dalam belajar pemrograman.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Teaching Materials, Programming Logic, Scratch |
Divisions: | Fakultas Teknik > Teknologi Informasi S1 |
Depositing User: | Aidilla Qurotianti |
Date Deposited: | 06 Nov 2023 03:00 |
Last Modified: | 06 Nov 2023 03:00 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/40641 |