MUHAMMAD ARRASY J ISKANDAR (2023) PENGEMBANGAN BUKU MATERI AJAR LOGIKA PEMROGRAMAN UNTUK SISWA TINGKAT SEKOLAH MENENGAH PERTAMA (SMP) MENGGUNAKAN SCRATCH. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
![]() |
Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf Download (394kB) |
![]() |
Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
![]() |
Text (Abstrak)
Abstrak.pdf Restricted to Registered users only Download (78kB) |
![]() |
Text (Bab I)
Bab I.pdf Download (90kB) |
![]() |
Text (Bab II)
Bab II.pdf Restricted to Registered users only Download (245kB) |
![]() |
Text (Bab III)
Bab III.pdf Restricted to Registered users only Download (145kB) |
![]() |
Text (Bab IV)
Bab IV.pdf Restricted to Registered users only Download (154kB) |
![]() |
Text (Bab V)
Bab V.pdf Restricted to Registered users only Download (34kB) |
![]() |
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (99kB) |
![]() |
Text (Lampiran)
Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) |
![]() |
Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf Restricted to Registered users only Download (285kB) |
![]() |
Text (Full Text)
Full Text.pdf Restricted to Repository staff only Download (4MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan sebuah buku materi ajar berjudul “Pengenalan Logika Pemrograman Menggunakan Scratch” yang disesuaikan untuk pembelajaran, khususnya siswa tingkat Sekolah Menengah Pertama (SMP) dengan menggunakan Scratch sebagai media. Scratch merupakan perangkat lunak sekaligus bahasa pemrograman yang dirancang untuk memperkenalkan konsep pemograman komputer secara sederhana melalui penyusunan blok-blok menjadi sebuah perintah, sehingga dapat digunakan oleh siapapun. Penelitian ini didasari oleh pentingnya penguasaan konsep logika pemrograman yang dimulai sejak dini sebagai dasar dalam memahami pemrograman komputer. Metode pengembangan yang digunakan adalah Research and Development (R&D). Langkah awal melibatkan analisis kebutuhan dan karakteristik siswa SMP dalam mempelajari logika pemrograman serta studi terkait materi dan kurikulum. Selanjutnya, desain dan pengembangan buku materi ajar dilakukan berdasarkan hasil analisis, dengan mempertimbangkan pendekatan pembelajaran yang sesuai dan metode penyajian yang menarik. Buku materi ajar yang dikembangkan mencakup konsep-konsep logika pemrograman dasar seperti pengenalan algoritma dan flowchart. Selain itu, konten buku juga memanfaatkan Scratch sebagai media pembelajaran yang interaktif dan menyenangkan bagi siswa. Penggunaan Scratch diharapkan dapat meningkatkan minat dan motivasi siswa dalam belajar pemrograman.
Dosen Pembimbing: | Dwijoko Purbohadi, Dr., S.T., MT. and Reza Giga Isnanda, S.T., M.Sc. | NIDN0502026801, NIDN0503068601 |
---|---|
Item Type: | Thesis (S1) |
Uncontrolled Keywords: | Teaching Materials, Programming Logic, Scratch |
Divisions: | Fakultas Teknik > S1 Teknologi Informasi |
Depositing User: | Aidilla Qurotianti |
Date Deposited: | 06 Nov 2023 03:00 |
Last Modified: | 06 Nov 2023 03:00 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/40641 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |