Faradilla Mutiara Islami D (2021) The Correlation between Levels of Students’ Psychological State and Their Speaking Ability. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
Halaman Judul.pdf
Download (340kB)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only
Download (2MB)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only
Download (129kB)
Bab I.pdf
Download (129kB)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (221kB)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (335kB)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (454kB)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only
Download (118kB)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only
Download (187kB)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only
Download (312kB)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only
Download (1MB)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
Abstract
<p>Menguasai kemampuan bahasa berbicara Inggris menjadi hal yang vital bagi masyarakat. Begitu pula dengan masyarakat Indonesia yang berjuang untuk bersaing di taraf Internasional. Saat ini banyak siswa yang belum memiliki kemampuan berbahasa Inggris dengan baik. Terdapat berbagai alasan yang menyebabkan siswa mengalami kesulitan dalam berbicara bahasa Inggris, salah satunya adalah perasaan malu, kurang percaya diri, kurang bakat, kurang motivasi, cemas, dan takut membuat kesalahan. Kondisi psikologis tersebut sering dijumpai di ruang kelas. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kondisi psikologis mahasiswa Pendidikan Bahasa Inggris, mengidentifikasi kemampuan berbicara mahasiswa Pendidikan Bahasa Inggris, dan mengidentifikasi hubungan antara tingkat kondisi psikologis mahasiswa Pendidikan Bahasa Inggris dengan kemampuan berbicara bahasa Inggris mereka. Penelitian ini dianalisis menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan desain korelasi eksplanatori. Penelitian ini dilakukan di program studi Pendidikan Bahasa Inggris di salah satu perguruan tinggi swasta Islam di Yogyakarta. Pengumpulan data dilakukan terhadap 117 mahasiswa tahun ketiga jurusan Pendidikan Bahasa Inggris di perguruan tinggi swasta Islam di Yogyakarta. Peneliti menggunakan angket dan skor dokumen sebagai instrumen untuk mengukur setiap variabel. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kondisi psikologis siswa termasuk dalam kategori rendah dengan rerata skor 45,03 dan kemampuan berbicara siswa termasuk dalam kategori baik dengan rerata skor 64,24. Penelitian ini menggunakan Korelasi Pearson untuk mengidentifikasi korelasi antara dua variabel. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai <em>p</em> pada penelitian ini lebih rendah dari 0,05 (<em>p</em> = 0,001). Oleh karena itu, hipotesis alternatif (H<sub>1</sub>) diterima. Hal tersebut menunjukkan bahwa terdapat hubungan antara tingkat keadaan psikologis siswa dengan kemampuan berbicara mereka.</p>
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Divisions: | Fakultas Pendidikan Bahasa > Pendidikan Bahasa Inggris S1 |
Depositing User: | Unnamed user with email robi@umy.ac.id |
Date Deposited: | 17 Dec 2021 02:22 |
Last Modified: | 17 Dec 2021 02:22 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/4066 |