NAUFAL ABIYYU (2023) PREDIKSI SISA UMUR JALAN MENGGUNAKAN METODE PCI DI RUAS JALAN PROVINSI YOGYAKARTA-PULOWATU KABUPATEN SLEMAN. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
Halaman Judul.pdf
Download (415kB)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only
Download (88kB)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only
Download (10kB)
Bab I.pdf
Restricted to Registered users only
Download (81kB)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (2MB)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (255kB)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (762kB)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only
Download (37kB)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only
Download (76kB)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only
Download (2MB)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only
Download (800kB)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (6MB)
Abstract
Jalan merupakan salah satu prasarana transportasi darat yang penting untuk memfasilitasi kegiatan ekonomi dan sosial masyarakat, sehingga jika terjadi kerusakan jalan, tidak hanya kegiatan ekonomi dan sosial yang terhambat, tetapi juga dapat memicu terjadinya kecelakaan. Penelitian ini mengambil lokasi di Ruas Jalan Yogyakarta-pulowatu tepatnya pada STA 3+200 sampai dengan STA 8+200. Pada penelitian ini metode yang digunakan adalah metode Pavement Condition Index. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi jenis kerusakan jalan, menganalisis nilai kondisi perkerasan, serta memperoleh data kecepatan pengendara yang melintas pada area yang mengalami kerusakan. Hasil analisis data dengan metode PCI didapatkan nilai rata-rata sebesar 50,4 persen dengan kondisi kerusakan perkerasan (Poor). Untuk nilai indeks perkerasan tertinggi berada pada STA 4+500-STA 4+550 sebesar 89 persen dengan kondisi (Good), sedangkan untuk nilai indeks perkerasan terendah berada pada STA 4+650-STA4+700 sebesar 10 persen dengan kondisi perkerasan (Serious). Pada analisis sisa umur perkerasan didapatkan rata-rata sisa umur 4,8 bulan, sedangkan kecepatan rata-rata HV (kendaraan berat) sebesar 34 km/jam, untuk LV (kendaraan ringan) rata-rata sebesar 39 km/jam dan untuk MC (sepeda motor) rata-rata sebesar 42 km/jam. Berdasarkan ketentuan Bina Marga jalan tersebut tidak memenuhi kecepatan rencana yaitu sebesar 60 km/jam. Melainkan dalam Peraturan Menteri Perhubungan kondisi jalan tersebut masih memenuhi syarat kondisi kecepatan operasional yang ditetapkan.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Path damage, PCI Method, Remaining Life |
Divisions: | Fakultas Teknik > Teknik Sipil S1 |
Depositing User: | Aidilla Qurotianti |
Date Deposited: | 01 Nov 2023 07:35 |
Last Modified: | 01 Nov 2023 07:35 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/40668 |