Masykur Asyhari (2020) PERAN GURU PAI DALAM PENDIDIKAN KARAKTER RELIGIUS SISWA DI SD BUDI MULIA DUA SEDAYU, YOGYAKARTA. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
Halaman Judul.pdf
Download (597kB)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only
Download (69kB)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only
Download (592kB)
Bab I.pdf
Download (321kB)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (330kB)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (260kB)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (337kB)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only
Download (253kB)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only
Download (242kB)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only
Download (2MB)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only
Download (65kB)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (2MB)
Abstract
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran guru PAI dalam pembentukan karakter religius siswa. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan cara observasi, wawancara dan dokumentasi. Berdasarkan temuan dapat disimpulkan bahwa (1) Peran guru PAI dalam pembentukan karakter religius siswa di SD Budi Mulia Dua yaitu meliputi Pertama upaya guru PAI di SD Budi Mulia Dua Sedayu, Yogyakarta, sudah mampu membina dan membimbing, memberi contoh teladan, nasihat, mengingatkan anak didiknya untuk berprilaku Islam sehari-hari, memberikan fasilitas yang cukup serta memberikan reward dan hukuman untuk siswanya. Kedua pelaksanaan upaya-upaya guru PAI dan guru-guru lainnya guna pembentukan karakter religius peserta didik dapat diwujudkan dalam bentuk pelaksanaan keagamaan yaitu, kegiatan hafalan/tahfiz, shalat Dzuhur berjamaah, shalat Dhuha berjamaah dan penciptaan suasana disekolah. (2) faktor yang mendukung dan menghambat guru PAI dalam pembentukan karakter religius siswa di SD Budi Mulia Dua Sedayu Yogyakarta dibagi menjadi dua faktor yaitu internal dan ekternal. Faktor-faktor tersebut lebih dominan pada faktor ekternal yaitu lingkungan, keluarga, lingkungan sekolah dan lingkungan sosial dimanapun siswa berada.
Kata kunci: peran guru, pendidikan karakter, religius
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Divisions: | Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam S1 |
Depositing User: | Unnamed user with email robi@umy.ac.id |
Date Deposited: | 13 Oct 2021 04:08 |
Last Modified: | 25 Oct 2021 03:46 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/407 |